• Home
  • BOLAHITA
  • Materi Teori dan Praktek di Seleksi Wasit Liga 1 2020

PSSI

Materi Teori dan Praktek di Seleksi Wasit Liga 1 2020

admin Jumat, 21 Februari 2020 16:46 WIB
PSSI
Sebanyak 29 wasit dan 40 asisten wasit mengikuti kegiatan ini. Mereka diberikan materi oleh instruktur wasit dari AFC, Rozali Yakob dan Subkhiddin
BOLAHITA, DEPOK - Seleksi dan workshop wasit dengan asisten wasit saat ini berlangsung di Kompleks Kostrad Divisi 1, Cilodong, Depok, Jawa Barat. Kegiatan yang dilakukan jelang kompetisi Liga 1 2020 ini berlangsung dari 15 Februari lalu hingga 22 Februari.

Sebanyak 29 wasit dan 40 asisten wasit mengikuti kegiatan ini. Mereka diberikan materi oleh instruktur wasit dari AFC, Rozali Yakob dan Subkhiddin.

Agenda seleksi dan workshop wasit yakni teori dan praktek di lapangan, terutama fitness test. Dengan detail seperti membahas bagaimana penempatan dan perpindahan posisi yang tepat wasit saat pertandingan. Lalu membahas bagaimana memutuskan pemain itu melanggar, berdiri offside, handball, insiden area penalti dan lain-lain.

Untuk wasit, terlaksana 16 Februari, sementara untuk asisten wasit, berlangsung mulai 17 Februari. Selain itu juga, ada kegiatan outbound yang akan dilakukan pada 18 Februari lalu.

Tentu target yang ingin dicapai untuk wasit dan asistennya antara lain, adalah mentoring dan coaching wasit Liga 1 secara langsung pada pertandingan Liga 1, Manajemen dan pengendalian mutu departemen wasit PSSI, Menciptakan Elite Referee PSSI, mempersiapkan wasit PSSI yang ada mencapai wasit Piala Dunia, meningkatkan performa wasit profesional PSSI, membantu dalam assesment dan evaluasi wasit profesional PSSI.

Program ini termasuk agenda rutin PSSI setiap tahun sebelum kompetisi bergulir. Selain itu, sebagai wadah untuk meningkatkan performa perangkat pertandingan (wasit dan asisten wasit) yang akan bertugas di kompetisi Liga 1 dan menambah pengetahuan wasit-wasit tersebut mengenai Laws of the Game.

Pada Minggu, 16 Februari 2020, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersama anggota Komite Eksekutif Hasani Abdulgani, pelatih Indra Sjafri, Sekjen Ratu Tisha Destria, Wasekjen Maaike Ira Puspita datang ke Cilodong untuk membuka serta memberikan arahan pada kegiatan tersebut.

Iriawan pun mengapresiasi atas terselenggaranya workshop serta seleksi wasit dan asisten wasit jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2020 ini. Ia menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para wasit yang akan mendapat tugas di kompetisi Liga 1 2020 yang akan dimulai 29 Februari mendatang.

"Peran wasit dan asisten wasit di sebuah pertandingan sangat penting. Untuk itu, wasit dan asisten wasit harus mempunyai kemampuan yang baik dalam ilmu perwasitan, integritas, dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Iriawan.

"Para wasit serta asisten wasit ini saya harap mengikuti seleksi dengan baik, dan hasil penilaian dari seleksi ini dilakukan secara obyektif dan terbuka.  Bagi wasit yang lolos seleksi, kami ingin mereka belajar terus karena ini sebagai bekal yang bagus untuk memimpin kompetisi Liga 1 2020. Wasit adalah tokoh utama dalam menjaga sepak bola Indonesia. Ketegasan dan keberanian yang benar dari wasit dalam menegakkan laws of the game di lapangan adalah kunci menuju sepak bola Indonesia yang berintegritas," tambahnya.
Toko Sport Terlengkap Termurah di Kota Medan
T#gs PSSIPSSI Seleksi Wasit Liga 1 2020bolahita
BOLAHITA for the future
Pasang Iklan Disini
Komentar