Pra PON Papua XX

Mimpi 30 Tahun, Sepakbola NTT Kini Jadi Nyata

Yan Daulaka Senin, 09 Desember 2019 18:37 WIB
BOLAHITA / YAN DAULAKA
NTT kembali menyaksikan tim sepakbolanya berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON)

BOLAHITA, KUTA - Penantian 30 tahun bukan waktu yang pendek bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk kembali menyaksikan tim sepakbolanya berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Di panggung sepakbola bergengsi nasional 4 tahunan itu, mimpi dan harapan yang terpendam cukup lama kini menjadi nyata. Setelah lewat skuat asuhan duet pelatih Ricky Nelson dan Adnan Mahing berhasil meraih tiket PON 2020 Papua lewat babak kualifikasi Bali - Nusra.

Berlaga di Lapangan Samudera, Kuta bersama Bali dan NTB, tim sepakbola NTT sukses mendulang poin sempurna dalam dua laga, yakni menang 3-1 atas NTB (7/12/2019) dan menahan imbang 1-1 atas tuan rumah Bali, Senin (9/12/201).

Luar biasanya perjuangan Kiken Mentinus Wea dkk, membuktikan bahwa sepakbola NTT sudah saatnya bangkit untuk bersaing dilevel nasional.

Hadirnya pelatih sekelas Ricky Nelson yang tangan dinginnya sudah dibuktikan berkali kali lewat Borneo FC yang diramunya hingga menempati posisi runner up Piala Presiden 2017.

Lalu Sulut United sampai promosi ke Liga 2 dan kini kejeniusan pria asli NTT ini pun terbukti. Maka selayaknya sudah sepakbola NTT harus berada sejajar dengan para penguasa panggung PON seperti Papua, Sulawesi Selatan, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

So, 30 tahun yang lalu itu, tepatnya tahun 1989 lewat Laurens Fernandes, Anton Kia, Polche Kia, Mengi Jawa (Alm), Rudi Roja, Pius Pake, Abubakar Hasan dan Thomas Ola dan dilatih Jack Lay membawa skuat NTT lolos PON DKI.

Meski dibabak penyisihan langsung kalah dari tuan rumah DKI, tapi itu menjadi sejarah perdana NTT bisa berada di panggung PON. Selanjutnya, ayo sepakbola NTT bisa.

T#gs PON PapuaPSSIPra PON DKI JakartaPra PON Jawa TengahPra Pon JatengPra Pon JatengPra Pon NTBPra Pon NTTbolahitabolahita.idbolahita idbolahita.idbolahita id
Komentar