Futsalhita, Futsal Sumatera Utara

FIFA Umumkan Amandemen Peraturan Futsal

admin Senin, 01 Juni 2020 18:53 WIB
BOLAHITA / ABDI PANJAITAN
Salah satu pertandingan futsal di Kota Medan

BOLAHITA, JAKARTA - Pada Jumat, (28/5) FIFA mengumumkan beberapa amandemen terkait peraturan dan regulasi futsal. Beberapa perubahan beradaptasi dan mengikuti sepakbola.

Dalam surat amandemen tersebut, dewan biro FIFA telah menyetujui beberapa amandemen peraturan futsal sejak 8 April. Peraturan-peraturan baru ini sudah bisa diterapkan mulai Juni di negara masing-masing.

Nantinya pada Juni, FIFA membebeaskan setiap federasi futsal negara masing-masing untuk memutuskan apakah akan memakai peraturan baru tersebut atau tidak di kompetisi domestiknya.

Dua poin penting adaptasi peraturan sepakbola ke futsal yang baru adalah tendangan kick off dan peringatan untuk pelatih. Kick-off boleh dilakukan oleh satu pemain saja dengan menendang bola ke manapun.

Selain itu, wasit juga bisa memberi kartu kuning atau merah untuk staf kepelatihan yang melakukan tindakan tak pantas.

Salah satu poin menarik dari peraturan ini adalah teknik melempar bola oleh kiper futsal. Sebelumnya, tak ada peraturan spesifik melempar bola. Namun saat ini, FIFA menyetujui perubahan di mana kiper harus melempar bola hanya ke daerah pertahanannya.

Namun FIFA memberikan kebebasan kepada negara masing-masing untuk menggunakan peraturan ini. Ide perubahan ini dimaksudkan agar pemain bisa mengasah kreativitas dan mengembangkan dasar tekniknya dalam bermain futsal.

Selain itu ada juga peraturan baru di mana bukan hanya bola yang tersentuh tangan yang aktif yang akan diberikan pelanggaran. Nantinya, gerakan tangan yang tidak biasa atau mengarah ke bola, meskipun tak tersentuh, akan dianggap sebagai pelanggaran.

16 Peraturan Permainan Futsal Terbaru Hasil Amandemen FIFA

  • Dalam adu penalti terdapat lima penendang. Sebelumnya hanya tiga penendang.
  • Permainan berakhir ketika wasit keempat (timekeeper) membunyikan sinyal suara, bukan lagi bunyi peluit wasit.
  • Second penalty (penalti titik 12 meter setelah akumulasi 6 pelanggaran) akan diberikan meskipun waktu telah habis. Waktu habis jika bola berhenti bergulir atau terjadi gol setelah menendang second penalty tanpa sentuhan pemain lain kecuali kiper yang menjaga gawang.
  • Dalam menendang kick-off, untuk memulai pertandingan tidak perlu lagi menendang melewati garis tengah. Pemain bisa memulai permainan lewat kick-off ke arah mana saja. Gol juga bisa terjadi melalui kick-off.
  • Definisi handball yang diadaptasi dari sepakbola. Dalam peraturan terbaru, jika bola menyentuh bagian tubuh sendiri atau pemain lain lalu tak sengaja menyentuh tangan yang dalam posisi wajar, hal ini tidak dihitung pelanggaran.
  • Jumlah pemain dalam adu penalti (termasuk cadangan) harus sama kedua timnya.
  • Kartu Merah langsung bagi pemain di dalam maupun luar lapangan yang melakukan pelanggaran kepada pemain lawan atau situasi yang mempunyai peluang mencetak gol di area mana saja.
  • Pemain yang melanggar peluang mencetak gol di area penalti bisa terkena kartu kuning jika ada upaya untuk memainkan bola setelah melakukan pelanggaran.
  • Tendangan bebas tidak langsung untuk pelanggaran yang dilakukan di luar lapangan.
  • Dalam tendangan penalti, penjaga gawang harus dalam posisi menyentuh garis gawang, meskipun itu hanya satu kaki yang menyentuh garis.
  • Pemain yang mengganggu / provokasi penendang penalti meski dari jarak minimum lima meter terkena kartu kuning.
  • Kick in: Hitungan dimulai ketika penendang kick-in telah siap menendang atau wasit yang memberi sinyal bahwa penendang telah siap.
  • Saat goal clearance, pemain bisa menerima bola dari lawannya di dalam area penalti (D Area).
  • Selama pertandingan, maksimal lima pemain bisa digantikan dalam satu waktu.
  • Pelatih bisa terkena kartu kuning dan merah karena melanggar atau melakukan kesalahan.
  • Kiper dilarang melempar melewati garis tengah lapangan (FIFA membebaskan anggotanya untuk memakai peraturan ini).

T#gs Amandemen FIFA Tentang FutsalfutsalhitaPSSIbolahita
Komentar