Fashion Bolahita
  • Home
  • TOTAL SPORTS
  • 4 Atlet NPC Sumut Ikuti Grand Prix Dubai Menuju Paralimpiade 2020

4 Atlet NPC Sumut Ikuti Grand Prix Dubai Menuju Paralimpiade 2020

Pasang Iklan Disini
AJP Rabu, 06 November 2019 15:58 WIB
BOLAHITA / ISTIMEWA
Keempat atlet Sumut yang akan tampil di grand Prix Para atletik 2019
Pesan Tulang Bolahita

BOLAHITA, MEDAN - Langkah akhir dan penentuan untuk merebut tiket lolos menuju Paralimpiade 2020 Tokyo, kembali akan diperjuangkan para atlet atletik National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

Perjuangan tersebut akan dilakukan pada kejuaraan bertajuk "Para Atletik Grand Prix Dubai 2019, yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, mulai 7 hingga 15 November mendatang.

Total NPC Indonesia mengutus 14 atlet untuk memperkuat tim merah putih di event olahraga terakbar bagi atlet difabel. Dari jumlah tersebut, 4 (empat) orang merupakan atlet NPC Sumut. Keempatnya yakni Putri Aulia (T13 putri), Nur Very Pradana (T44/46 putra), Eko Syahputra (T12 putra), dan Alan Sastra Ginting (F57 Putra).

Atlet tolak peluru, Alan Sastra mengatakan, grand Prix Dubai adalah putaran terakhir seleksi menuju Paralimpiade 2020 di Tokyo. Atlet yang berlaga pada grand Prix adalah atlet yang telah lolos standart minimum kejuaraan dunia, untuk mencari tiket lolos menuju Paralimpiade.

"Atlet NPC Indonesia yang dikirim oleh NPC Indonesia menuju World Paralimpik atletik di Dubai secara keseluruhan berjumlah 14 atlet. Kemudian atlet yang dikirim adalah atlet lolos MQS yang artinya lolos standart minimum kejuaraan dunia," ucap Alan saat dikonfirmasi melalui seluler, Rabu (6/11).

Alan yang juga menjabat sebagai ketua NPC Sumut ini juga mengucap terima kasih kepada PCI Indonesia yang masih memberikan kesempatan sekaligus kepercayaan bagi atlet Sumut untuk mengikuti kejuaraan di grand Prix Dubai. "Dari 14 atlet 4 atlet Sumut dikirim pusat. Kita terima kasih kepada NPC Pusat karena dipercaya mengirimkan 4 atlet Sumut ke grand Prix Dubai," ucap Alan.

Dikatakan Alan, keempat atlet NPC Sumut masih memiliki peluang besar untuk lolos menuju Paralimpiade. Termasuk Putri Aulia yang kini berada di ranking tiga dunia, sangat berpeluang besar lolos ke Paralimpiade Tokyo. Alan berharap para atlet NPC Sumut yang berlaga di grand Prix kali ini bisa memberikan prestasi terbaik sekaligus lolos ke Paralimpiade 2020.

"Sebenarnya ke empat atlet berpeluang lolos. Namun, dari empat atlet kita yang paling punya peluang lolos adalah Putri Aulia karena sampai sekarang ini dia peringkat tiga dunia di klasifikasi T 13 putri. Namun, kita lihat pertandingan nanti yang dimulai tanggal 7 sampai 15 November," optimis Alan.

PECAH REKOR

Lebih lanjut Alan yang akan turun di nomor tolak peluru ini, mengatakan bahwa hasil kejuaraan grand fix di Dubai ini adalah hasil final untuk ajang seleksi menuju Paralimpiade 2020 di Tokyo. Maka, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin demi harapan lolos ke Paralimpiade. Meski tidak tampil di nomor spesialisasinya yakni lempar cakram, Alan optimis bisa memberikan prestasi terbaik bagi merah putih.

"Untuk Saya pribadi memang untuk nomor andalan saya seperti biasanya, di lempar cakram. Tapi, di world Champions Dubai, lempar cakram ditiadakan. Kemungkinan besar di Paralimpik Tokyo nanti juga ditiadakan. Namun, dari saran pelatih sejak grand fix Paris saya difokuskan mengambil limit itu di tolak peluru," katanya.

Pada kejuaraan Grand Prix Dubai, peraih emas di Asian Para Games 2018 ini bertekad bisa memecahkan rekor lemparan di atas 11,24 meter, yang kini menjadi catatan terbaiknya. "Mudah - mudahan di Dubai ini saya bisa memecahkan hasil rekor pribadi saya dari grand fix Paris kemarin. Prestasi terbaik saya 11,24 meter. Mudah - mudahan di Dubai, saya bisa memecahkan rekor dari sebelumnya," optimisnya.

Dari keempat atlet Sumut yang akan tampil di grand Prix Para atletik 2019, Putri Aulia berada di ranking tiga besar dunia. Putri tampil di nomor 100 dan 400 meter T13 putri. Begitu juga Nur Very dan  Eko akan tampil di nomor 100 dan 400 meter putra. Eko sendiri memiliki catatan waktu terbaik 10,48 detik di nomor 100 meter dan 53,14 detik di nomor 400 meter. Sementara Alan bermain di nomor tolak peluru. Saat ini lemparan terbaiknya yakni 11,24 meter. 

Toko Sport Terlengkap Termurah di Kota Medan
T#gs Grand Prix DubaiNPC Sumutbolahitabolahita.idbolahita idbolahita.idbolahita id
BOLAHITA for the future
Pasang Iklan Disini
Komentar