Juara Umum di Popwil, Sumut Harus Optimal di Pencak Silat

admin Rabu, 17 Oktober 2018 17:44 WIB
Internet
Kantor Dispora Sumatera Utara

MEDAN - Sumatera Utara (Sumut) bertekad memboyong juara umum pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) I Sumatera di Provinis Nangroe Aceh Darussalam (NAD), pasa 22 hingga 27 Oktober mendatang.


Kepala Seksi Pendidikan dan Sentra olahraga Dispora Sumiy Johan Erik Purba, menambahkan, pada Popwil tahun ini hanya cabang pencak silat yang mempertandingkan nomor perorangan. Sedangkan tujuh cabor lainnya pertandingkan nomor beregu.


Erik menegaskan, untuk mewujudkan target juara umum, maka Sumut harus tampil maksimal di cabor pencak silat.


“Jadi kalau kita mau juara umum harus kuatnya di cabor perorangan. Pencak silat itu ada 23 kelas, tetapi nomor tarung itu ada 17 kelas. Sisanya seni Tunggal, Ganda, Regu (TGR). Untuk Sumut itu kita ikut sertakan 24 atlet putra dan putri. Kita berupaya untuk mengisi semua kelas tarung yang dipertandingkan. Mininal meraih 10 medali emas maka sumut berpeluang besar untuk tampil sebagai juara umum,” ucapnya.


Dia menjelaskan cabor bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, tahun ini hanya mempertandingkan nomor beregu. Jadi, target masing-masing 2 emas. Karena tahun ini tidak dipertandingkan perorangan. Begitu juga khusus sepak takraw kita hanya kirimkan beregu putra. Kita tidak kirimkan beregu putri.


“Pada Popwil I Sumatera 2018, Sumut berkekuatan 120 atlet dan 50 pelatih/official, dengan mengikuti 8 (delapan) cabang olahraga yang dipertandingkan. Diantaranya sepakbola, bola voli, bola basket, sepak takraw, pencak silat, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja” tuturnya.


Lebih lanjut dia menambahkan, Popwil Sumatera 2018 diikuti oleh 7 (tujuh) provinsi diantaranya Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Bangka Belitung, Jambi. Total medali yang diperebutkan 158 emas, 158 emas, 187 perunggu.


“Untuk diketahui pada Popwil I Sumatera 2016 di Riau, Sumut hanya menduduki peringkat ketiga dengan torehan 4 emas. Sedangkan pada Popwil 2014 di Jambi, kontingen Sumut mampu tampil sebagai juara umum dengan 10 emas” pungkasnya


T#gs Dispora SumutPopwilbolahitabolahita.idbolahita idbolahita.idbolahita idedy rahmayadimedanstadion teladansumatera utara
Komentar