Sumatera Utara

KONI Sumut Ajukan Pengunduran PON 2024

admin Jumat, 19 Juni 2020 14:22 WIB
BOLAHITA / ABDI PANJAITAN
Stadion Teladan, Kota Medan Sumatera Utara

BOLAHITA, MEDAN - Mundurnya pelaksanaan PON 2020 Papua, mendapat sikap dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KON I) Sumatera Utara. PON ke XX akhirnya diundur oleh pemerintah hingga Oktober 2021, karena pandemi Covid -19.

Hal inilah yang membuat provinsi Sumut dan Aceh yang sebelumnya ditunjuk menjadi tuan rumah PON XXI/2024 kembali mempertimbangkan dengan mundurnya PON di Papua.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, alasan utama KONI Sumut menginginkan agar PON 2024 diundur hingga tahun 2025, karena dinilai persiapan yang sedikit terhambat akibat Covid -19 saat ini. Termasuk PON di Papua yang diundur satu tahun dari jadual semula.

“Saya akan koordinasi dengan pemerintah Provinsi Sumut tentang PON ke depan. Saya sudah jumpa  pak gubernur dan wagub, kalau bisa kita mengusulkan ke Pusat PON diundur hingga tahun 2025. karena PON 2020 kan diundur ke 2021,” ucap John.

John juga mengaku telah mendapat izin dari Gubernur Sumut Edy Ramayadi untuk melayangkan surat resmi ke Pemerintah dan KONI Pusat terkait permohonan pelaksanaan tuan rumah PON bersama Sumut- Aceh diundur hingga 2025.

“Pak Gubernur bilang silahkan dikaji, kalau memang memungkinkan silahkan ajukan diundur. Saya bilang juga ke pak gubernur bahwa pelatda kita masih mandiri dan menunggu kapan pemerintah melaksanakan new normal,” ungkap John.

Jika permohonan tersebut bisa disetujui pemerintah, John memastikan persiapan Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah PON lebih maksimal. Mengingat saat ini proyek pembangunan Sumut sport centre seluas 300 hektar lebih di Desa Sena Kabupaten Deli Serdang bisa selesai sesuai target.

Karena Sumut sport centre bakal dijadikan untuk pertandingan sejumlah venue cabang olahraga yang dipertandingkan di PON.

“Itu kan sekarang sedang dalam program, jadi mudah -mudahan bisa segera. Aceh juga sudah mengusulkan untuk mundur, tapi, kita harus sampaikan ke pemerintah. KONI hanya teknisnya. Tapi, pak gubernur setuju kalau ada usulan dari KONI Sumut,” ujarnya. 

Selain itu, tahun 2024 banyak agenda nasional yang akan dilaksanakan, termasuk pesta demokrasi pemilihan legislatif dan Pilpres. Hal ini tentu akan menambah kesibukan pemerintah untuk fokus pada sejumlah agenda nasional.  “Kalau ditambah empat tahun jadinya 2025. Belum lagi tahun 2024 ada kompetisi lain yaitu Pileg dan Pilpres,” kata John.

T#gs KONI Sumut Ajukan Pengunduran PON 2024KONI SumutPSSIPON PapuaPON Sumutbolahita
Komentar