Sumatera Utara

KONI Sumut Optimis, SK Tuan Rumah PON Segera Diterbitkan

RIDHO Jumat, 23 Oktober 2020 10:59 WIB
BOLAHITA / ISTIMEWA
Menurut John, sebelum SK diterbitkan Kemenpora, pihaknya juga masih menunggu putusan dari KONI Pusat

BOLAHITA, MEDAN - Optimisme juga dikatakan Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis yang turut mendampingi Wagubsu bersama rombongan. John mengatakan, menpora akan mengeluarkan SK penetapan tuan rumah PON dalam waktu dekat.

Menurut John, sebelum SK diterbitkan Kemenpora, pihaknya juga masih menunggu putusan dari KONI Pusat.

“Dia (Menpora) minta KONI pusat melampirkan semua kegiatan baik KONI Aceh maupun KONI Sumut sudah dibicarakan menteri dengan Gubernur Aceh dan Gubernur Sumut. Tapi, dia (Menpora) pastikan akan keluar (SK) dalam waktu singkat,” kata John.

Sejauh ini, terkait penetapan rencana cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON 2024 total berjumlah 56 cabang olahraga. Setiap provinsi mendapat pembagian 28 cabor. John menilai, jikapun nantinya 28 cabor tidak berada di kawasan sport center.

Namun sejauh ini sejumlah kabupaten/kota khususnya Medan dan Deli Serdang sudah memiliki sarana dan prasarana venue yang telah memenuhi standart nasional.

“Rencana ada 28 cabor sementara, tapi semuanya gak mungkin harus siap. Sebenarnya banyak lokasi - lokasi di Kota medan itu juga bisa digunakan, termasuk juga di kabupaten/kota kita berdayakan," jelas John.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah provinsi Sumut sedang melakukan pembangunan kawasan ‘Sumut sport cente’ di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang. Diprediksi pembangunan kawasan sport center tersebut menghabiskan anggaran total senilai Rp 8,6 trilun.

Dari jumlah tersebut, Rp 1,8 triliun diantaranya untuk pembangunan Stadion Utama sepakbola berkapasitas 75 ribu penonton. Pemerintah sendiri targetkan pembangunan kawasan sport center rampung di akhir tahun 2023, sehingga bisa digunakan untuk venue pertandingan PON 2024 Sumut-Aceh.

T#gs KONI SumutMusa RajekshahPON 2024PON PapuaPSSIPon Sumut Acehbolahita
Komentar