Bali Sports

Ketut Suwandi : KONI Bali Siap All Out di PON Papua

Yan Daulaka Rabu, 12 Februari 2020 20:34 WIB
BOLAHITA / YAN DAULAKA
Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi

BOLAHITA, DENPASAR - Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi secara gamblang melempar posisi peringkat di PON Papua XX/2020 pada Oktober mendatang ke Pengprov (Pengurus Provinsi) Cabor (Cabang Olahraga).

Penegasan itu dilakukan orang nomor satu di KONI Bali dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Bali di Hotel Nirmala Denpasar, Rabu (12/2/2020).

Mantan Ketua Umum KONI Badung itu mengakui apakah posisi Bali akan kembali masuk posisi 6 besar atau tidak di multi event empat tahunan. Pihaknya menegaskan, apapun akan dilakukan KONI Bali guna memberikan prestasi terbaik untuk Bali nantinya.

"Pemerintah memang menunggu hasil kerja KONI Bali. Dan, kami jelas akan all out apapun risikonya, dan tidak bicara dana lagi karena itu sudah final. Sekarang ini bagaimana fokus menyusun strategi." ucap Suwandi.

Dilanjutkan Suwandi, bahwa di PON Jawa Barat XIX/2016 lalu, Bali memang meraih 20 emas dan berhasil bertengger diposisi 6 besar.

Apakah di PON Papua akan kembali mampu mempertahankan posisi 6 besar atau raihan medalinya meningkat, semua itu kata Suwandi tergantung Pengrov cabor dibawah anggota KONI Bali. Sejak awal dia menekankan kebersamaan dan tetap menjungjung nilai sportivitas. Apalagi,

Pra PON sudah dilewati dan hasilnya memang sangat menggembirakan.

Meskipun masih ada 10 cabor sifatnya abu-abu apakah akan dipertandingkan atau tidak. Yang jelas, bagi KONI Bali jika atlet tidak siap, jelas tidak akan diberangkatkan. Akan percuma saja berangkat, lebih baik uang yang dipakai berangkat dipakai proses pembinaan.

Jadi, KONI Bali bukan sekedar memotong atlet. Namun ada kompensasi ketidakberangkatan atlet. Apalagi ada yang mengaku siap berangkat dengan biaya mandiri. Bagi Suwandi, PON adalah tanggungjawab pemerintah. Dan, KONI Bali tidak mengijinkan atas nama pribadi atau kelompok berangkat ke PON Papua.

"Kami siap untuk mengambil kebijakan tidak populis." tandas Suwandi.

Sementara Bidang Pembinaan (Binpres) KONI Bali, Nyoman Yamadhiputra menambahkan, untuk atlet Pelatda Bali telah ditetapkan sebanyak 239 atlet dari 30 Cabor. Jumlah itu belum termasuk 10 cabor yang dicoret oleh tuan rumah PON yakni Balap Sepeda, Bridge, Kriket, Dansa, Gateball, Petanque, Ski Air, Soft Tenis, Tenis Meja dan Woodball.

T#gs Ketut SuwandiBaliBali SportsBali UnitedKetua Umum KONI BaliKONI Balibolahita
Komentar