Alasan Baskhara Futsal Arena Surabaya Jadi Homebase Timnas Futsal Indonesia

Alasan Baskhara Futsal Arena Surabaya Jadi Homebase Timnas Futsal Indonesia

Alasan Baskhara Futsal Arena Surabaya Jadi Homebase Timnas Futsal Indonesia
Baskhara Futsal Arena, Surabaya (foto : internet)

JAKARTA - Bukan kali pertama timnas futsal Indonesia menggelar TC di Baskhara Futsal Arena, Jalan Manyar Jaya Praja I, No 47, Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Sukolilo, Surabaya. 

Pemilihan Baskhara Futsal Arena sebagai tempat TC timnas futsal tak lain karena memiliki lapangan yang sesuai standar dan fasilitas yang lengkap untuk timnas futsal Indonesia.

Dimana saat ini, timnas futsal sudah berada dan berlatih di Surabaya. Berada di bagian timur Kota Surabaya, lokasi lapangan lumayan jauh dari kebisingan karena tempatnya yang berada di sekitaran perumahan atau bukan di pinggir jalan raya.

Di kutip dari skor.id, fasilitas parkir Baskhara Futsal Arena, SurabayaAlasan Baskhara Futsal Arena Surabaya Jadi Homebase Timnas Futsal Indonesia cukup untuk menampung belasan mobil serta beberapa bus sehingga cukup layak untuk dijadikan tempat turnamen.

Lapangan yang sudah ada sejak 2015 ini dimiliki oleh Dimas Bagus Kurniawan yang merupakan manajer timnas futsal Indonesia saat ini. Selain itu di sana juga merupakan homebase salah satu klub futsal andalan Jawa Timur, Bintang Timur Surabaya.

Jika masuk ke dalam ada empat lapangan futsal yang tersedia. Bahkan, lapangan yang berada di paling belakang bisa dijadikan satu sekaligus sehingga memiliki ukuran luas sampai 42 x 25 meter.

Ada pula fasilitas lain di tempat ini, misalnya ruang ganti, kamar mandi, dan juga kafe.

Dimas Bagus Kurniawan menyampaikan soal pemilihan lokasi TC timnas futsal Indonesia di Surabaya.

"Mungkin homebase di sini. Karena second city dari Jakarta, tidak macet, aksesnya gampang juga mungkin salah satu faktor itu," ujar Dimas, Kamis (14/10/2021).

Ditanya soal pemilihan Baskhara Arena sebagai tempat latihan timnas futsal Indonesia, Dimas menyampaikan fasilitas menjadi alasan.

"Kami menekan pada fasilitas dan kebersihan, yang utama itu saya rasa," tuturnya.

Namun, bukan berarti hal tersebut membuat timnas futsal Indonesia tidak bisa berlatih di tempat lain.

Dimas menyebut, ada kemungkinan timnas futsal Indonesia bakal menggelar TC di tempat lain ke depannya.

"Semua lapangan saya rasa bisa. Hanya saja situasi dan keadaan seperti ini (pandemi Covid-19)," ucapnya. Dimas juga memastikan jika lapangan di Baskhara Arena sudah sesuai standar ukuran lapangan internasional.

Selain itu, fasilitas yang disediakan di Baskhara Arena juga cukup mumpuni untuk dimanfaatkan pemain timnas Indonesia.

"Lapangan ukurannya sudah standar. Kemudian kami ada beberapa fasilitas ruang ganti untuk pemain. Ini sejak 2015," Dimas mengimbuhi.

Ini bukan pertama kalinya timnas futsal Indonesia melakukan TC di Baskhara Arena.

Sebelum pandemi Covid-19, Bayu Saptaji dan kolega juga sudah pernah melakukan TC di Baskhara Arena untuk beberapa agenda.