Dengan 10 Pemain, Persita Kalahkan Persela

Dengan 10 Pemain, Persita Kalahkan Persela

Dengan 10 Pemain, Persita Kalahkan Persela

JAKARTA - Rifky Dwi Setiawan menjadi pahlawan Persita melalui gol tunggal pada menit ke-68 ke gawang Persela Lamongan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021).

Meski Persela di babak pertama mengawali dengan langsung mendominasi permainan. Tekanan Persela ke gawang Persita sudah dimulai sejak menit ke 6. Ditambah masih solidnya pertahanan Persela membuat Persita belum bisa berbuat banyak. 

Pemain Persela mencoba mematikan langkah Alex Goncalves sehingga ia kesulitan menciptakan peluang. Adalah Gian Zola hingga Nasir dengan apik mengawal Alex.

Persita terus mencoba membangun serangan. Dan Agung Prasetyo pun dihadiahi kartu kuning oleh wasit pada menit ke-18 karena melanggar Ivan Carlos.

Tak tinggal diam, Persela melalui Riyanto Abiyoso kembali mencoba membuka peluang pada menit ke-20, namun gagal karena bola membentur pemain.

Persela terus menekan dari sayap. Tendangan Malik Risaldi dari sisi kiri gawang mampu dibaca dengan baik oleh Rahmanuddin. Juga tendangan pojok dari Abiyoso pada menit ke-30 masih terlalu melebar.

Pemain Persita kembali mendapat kartu kuning. Aldi Al Achya langsung dihadiahi kartu kuning setelah melakukan pelanggaran dengan membentur Nasir.

Giliran Persela, Malik Risaldi diganjar kartu kuning pada menit ke-44 setelah melakukan benturan. Skor 0-0 masih bertahan di babak pertama. 

Di babak kedua, Persita mulai mengambil inisiatif menyerang. Dan Persela merespon dengan cepat. Melalui Ivan Carlos yang acap kali merepotkan pertahanan Persita.

Hingga petaka kartu kuning kedua itu tiba menit ke 57. Mencoba menahan serangan dari Persela, Aldi Al Achya harus menerima kartu kuning kedua.

Kondisi lawan dengan 10 pemain dimanfaatkan Persela. Mereka terus menekan dari segala lini. Termasuk tendangan Gian Zola menit ke 66 yang hanya membentur mistar gawang sisi kanan Dwi Kuswanto. 

Widodo mencoba merubah strategi dengan memasukan beberapa pemain baru seperti Rifky Dwi Setiawan dimasukkan menggantikan Taufiq Febrianto. Usaha ini pun membuahkan hasil. Rifky malah berhasil mencetak gol melalui tendangan jarak jauh menit ke 68.

Pasca Persela tertinggal dari Persita yang hanya bermain dengan 10 pemain, tensi pertandingan sedikit mulai tinggi. 

Pemain Persela Ferizal yang baru dimasukkan pada meniit ke-69 pun langsung melanggar Mohammad Toha sehingga diganjar kartu kuning. Banjir kartu kuning mewarnai jalannya pertandingan sejak skor 0-1.

Risqi yang baru masuk menggantikan Bustomi juga diganjar kartu kuning setelah melanggar pemain Sin-young pada menit ke-76.

Berlanjut ke Ivan Carlos pun harus menerima kartu kuning pada menit ke-81. Lalu Alex Goncalves diberikan kartu kuning pada menit ke-91 setelah melakukan duel dengan Demerson.

Namun, serangan Persela bertubi-tubi tersebut tak menghasilkan, sehingga peluit panjang ditiup hasil berakhir 1-0 untuk Persita.

Susunan Pemain

Persela Lamongan : Dwi Kuswanto; Muhammad Nasir (Sandi Ferizal (69), Birrul Walidan, Muhammad Zaenuri, Demerson Bruno; Ahmad Bustomi (Risqi Putro Utomo (76'), Syahroni, Gian Zola (Iman Budi (66'); Malik Risaldi, Ivan Carlos, Riyatno Abiyoso

Cadangan: Ravi Murdianto, Ahmad Ubaidillah, Andri Muladi, Nurzlal Aififi, iman Budi Hernandi, Mochmad Sandy Ferizal, Riswan Yusman, Ibrahim Musa Kosepa, M Revan Joni Nurianto, Risqi Putra Utomo.

Pelatih: Iwan Setiawan

Persita Tangerang : Rahmanuddin; Dallen Ramadhan, Agung Prasetyo (Syaeful Anwar (83'), Adam Mitter, Edo Febriansyah; Taufiq Febrianto (Rifky Dwi Setiawan (63'), Bae Sin-young, Harrison Cardoso; Irsyad Maulana (Kevin Domes (73'), Alex Dos Santos Goncalves, Aldi Al Achya (kartu merah)

Cadangan: Tri Hamdani, Kevin Domes Oliviera, Muhammad Toha, Syaeful Anwar, Adittia Gigis Hermawan, Raphael Gullermo Eduardo Maitimo, Rizky Dwi Setiawan, A Nur Hardianto, Altalariq Erfa, Chandra Waskito

Pelatih: Widodo C Putro