FIFA Matchday, PT LIB Pastikan Liga 1 Ditunda Pertandingan Periode 21-27 Januari 2022

Timnas Indonesia sendiri akan menjalani laga uji coba internasional melawan Bangladesh

FIFA Matchday, PT LIB Pastikan Liga 1 Ditunda Pertandingan Periode 21-27 Januari 2022
Timnas Indonesia

JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita memastikan bahwa Liga 1 2021-2022 mengalami penundaan akibat FIFA Matchday Timnas Indonesia. 

Hadian Lukita mengatakan bahwa lanjutan Liga 1 seri keempat yang berlangsung di Bali akan diliburkan diliburkan mulai Jumat 21 hingga 27 Januari 2022.

“Liga 1 akan ditunda dahulu mulai 21-27 Januari karena FIFA Matchday,” ungkap Hadian kepada Sportstars, Rabu (12/1/2022). 

Timnas Indonesia sendiri akan menjalani laga uji coba internasional melawan Bangladesh pada akhir Januari mendatang. 

Laga uji coba tersebut akan digelar dua kali di Stadion Kapten I Wayan Dipta yakni pada Senin (24/1/2022) dan Kamis (27/1/2022).

Sementara klub-klub Liga 1 dipastikan tidak bisa menahan para pemainnya untuk memenuhi panggilan Timnas Indonesia. 

Mereka tidak dapat beralasan untuk menghalangi para pemain gabung timnas karena kompetisi diliburkan.

Setidaknya ada enam pertandingan yang akan ditunda pada tanggal tersebut. Dari enam laga tersebut berarti ada 12 tim yang tidak akan bertanding dalam jangka waktu 21-27 Januari tersebut

Keenam tim tersebut adalah Persiraja Banda Aceh, Persela Lamongan, Arema FC, Persipura Jayapura, Persita, Persija, Barito Putera, PSM Makassar, Madura United, PSIS Semarang, Bali United, dan Borneo FC.

Agenda FIFA Matchday direncanakan berlangsung mulai 24 Januari hingga 4 Februari mendatang. 

Adapun pertandingan antara Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh digelar dua leg di Bali, yakni pada 24 dan 27 Januari.

Laga uji coba ini diyakini bermanfaat bagi timnas Indonesia. Momen itu bisa dijadikan ajang pemanasan sekaligus mengasah taktik jelang Piala AFF U-23 2022 yang digelar bulan Februari nanti. 

Selain itu, laga ini juga bisa menjadi momentum tim Garuda untuk menambah poin FIFA.

Bangladesh masih kalah dari Indonesia dalam peringkat FIFA. Tim Tanah Air diketahui menempati posisi ke-164, sedangkan Bangladesh berada di peringkat ke-186. Hal itu bisa menunjukkan kualitas skuad kedua negara.

Bangladesh dipimpin pelatih baru Javier Cabrera di laga uji coba nanti. Laga melawan Indonesia akan menjadi debutnya bersama timnas negara tersebut. 
Menariknya, melatih Bangladesh menjadi pengalaman pertama Javier Cabrera menangani sebuah tim nasional.

Pemain termahal di timnas Bangladesh adalah kiper muda Anisur Rahman Zico. Dia tengah memperkuat klub Liga Bangladesh, Bashundhara Kings. 

Pria berusia 24 tahun itu hampir tidak tergantikan saat Bangladesh berlaga di Piala Asia Selatan 2021. Harga pasar yang dimiliki Zico diketahui mencapai 200 ribu euro (Rp3,2 miliar).

Jadwal Pertandingan Liga 1 yang Ditunda Akibat FIFA Matchday

Pekan 21

Persiraja vs Persela, 26 Januari
Arema FC vs Persipura, 26 Januari
Persita vs Persija, 26 Januari
Barito Putera vs PSM Makassar, 27 Januari
Madura United vs PSIS Semarang, 27 Januari
Bali United vs Borneo FC, 27 Januari