Grup B Pramusim Liga 1 di Samarinda, Sekaligus Promosikan Ibu Kota Nusantara

Grup B Pramusim Liga 1 di Samarinda, Sekaligus Promosikan Ibu Kota Nusantara

Grup B Pramusim Liga 1 di Samarinda, Sekaligus Promosikan Ibu Kota Nusantara

JAKARTA - Samarinda menjadi satu-satunya kota di luar Pulau Jawa tempat fase grup Pramusim Liga 1 musim 2022/2023 digelar. Penyisihan grup lain akan diselenggarakan di Solo, Bandung, dan Malang.

 

Penunjukan Kota Samarinda sebagai tuan rumah grup juga bukan tanpa alasan. PT Liga Indonesia Baru (LIB) ingin ikut mengkampanyekan Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Hal ini seperti disampaikan Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno. Dimana Samarinda akan menjadi tempat persaingan Grup B, yang didalamnya terdapat Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, Rans Cilegon, Madura United. Ini sesuai hasil drawing atau pengundian yang dilakukan PT LIB, Minggu (29/5).


Solo menjadi tempat pertandingan Grup A, yang diisi Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United FC, Persita Tangerang, PSS Sleman. Grup C akan digelar di Bandung, di mana Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya akan saling sikut.


Adapun Grup D akan menampilkan persaingan Arema FC, Tira-Persikabo, PSM Makassar, Persik Kediri. Penyisihan grup akan berlangsung mulai 11 sampai 28 Juni.


"Kami komunikasi dengan bapak Ketua Umum (PSSI, Mochamad Iriawan). Mudah-mudahan, sekaligus, melalui sepak bola mengkampanyekan Ibu Kota Nusantara," kata Sudjarno sebelum drawing.


Manajer Borneo FC, Dandri Dauri mengaku senang Samarinda ditunjuk menjadi salah satu kota penyelenggara penyisihan grup.


"Mimpi orang banyak di Kalimantan Timur terjawab. Momen seperti ini tidak pernah kami rasakan setelah PON (Pekan Olahraga Nasional) di Kaltim. Ini kebanggaan dan kepercayaan. Sepulang ini kami langsung persiapkan, bahkan sebelumnya sudah kejar tayang."


Sementara itu, perempat final turnamen pramusim digelar dengan format single match, 1 dan 2 Juli. Semifinal diselenggarakan dua leg, kandang dan tandang pada 6 dan 10 Juli. Final juga dijadwalkan dua leg 14 dan 17 Juli.