PBSI Akan Siapkan Tim Yang Kuat Untuk SEA Games 2021

Mei 2022 mendatang

PBSI Akan Siapkan Tim Yang Kuat Untuk SEA Games 2021
Ketua Bidang Pengembangan Kinerja PBSI, Rionny Mainaky (foto : pbsi)

JAKARTA - Ketua Bidang Pengembangan Kinerja PBSI, Rionny Mainaky, menegaskan bahwa pihaknya akan mempersiapkan tim secara serius untuk berlaga di SEA Games 2021 pada Mei 2022 mendatang. 

Meski ajang tersebut bukan tujuan utama PBSI, mereka tak mau menganggap remeh.

Menurut Rionny, perhelatan multiajang itu bisa menjadi tempat untuk mengembangkan potensi tim bulu tangkis Indonesia.

Karenanya, ia menegaskan tidak akan mengirim tim yang lemah untuk berlaga di SEA Games 2021 mendatang.

“Meskipun Olimpiade masih menjadi tujuan utama kami, kami tidak akan menganggap enteng SEA Games 2022 (2021). Kami tidak akan mengirimkan tim yang lemah ke turnamen itu,” tegas Rionny dilansir dari laman resmi Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Jumat (7/1/2022).

Selain penting untuk perkembangan tim bulu tangkis Indonesia, Rionny juga melihat turnamen itu bisa menjadi acuan dalam mengukur kekuatan lawan. 

Di samping itu semua, Rionny sendiri mengakui tim ganda putra Indonesia di SEA Games 2021 kemungkinan besar akan banyak dihiasi talenta muda.

Rionny menilai ini penting untuk regenerasi dalam menatap turnamen yang lebih besar pada masa mendatang, termasuk Olimpiade Paris 2024. Multiajang itu akan berlangsung pada Juli hingga Agustus 2024 mendatang.

"Kami sedang mempersiapkan atlet (ganda putra) muda untuk Olimpiade. Anak-anak muda mengejar senior mereka, dan pengalaman akan membedakan. Jadi, saya tidak khawatir," kata Rionny.

Tim bulu tangkis ganda putra Indonesia saat ini memang masih menjadi unggulan. 

Sejauh ini, dua ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan masih menempati urutan teratas ranking BWF.

Kekuatan ganda putra Indonesia juga semakin disegani karena belum lama ini berhasil menjuarai Piala Thomas. 

Munculnya nama-nama muda seperti Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Yacob Rambitan, hingga Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana semakin menegaskan bahwa Indonesia tak pernah kehabisan talenta berbakat.

Belum lagi terdapat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang juga diperhitungkan sebagai salah satu unggulan Tanah Air. Tentunya diharapkan proses regenerasi ini bisa terus berlanjut.