Satu Lagi! Pemain Asal Papua, Ronal Reagen Setmot Bakal Merumput di Eropa

Pernah memperkuat Persipura Jayapura dan Mitra Kukar

Satu Lagi! Pemain Asal Papua, Ronal Reagen Setmot Bakal Merumput di Eropa
Ronal Reagen Setmot Pesepak Bola Papua, Bakal Maen Di Liga EROPA. (tribun/Bogordaily.net)

JAKARTA - Kabar yang membanggakan datang dari dunia sepak bola tanah air. Pesepakbola asli Papua, Ronal Reagen Setmot dikabarkan akan bermain di Liga Eropa. 

Sosok pemain berbakat ini disebut sebentar lagi akan memperkuat Kozara Gradiska di ajang First League of RS atau kasta kedua Liga Bosnia.

Ia kini sedang mengurus dokumen-dokumen administratif terkait perpindahannya sebelum keberangkatan ke Bosnia. 

Pemain kelahiran Nabire, Papua ini mengatakan dirinya bakal dikontrak selama 1 tahun di Liga Bosnia yakni hingga musim 2023 mendatang. Ia adalah Ronal Reagen Setmot yang diketahui berposisi sebagai penyerang.

Pemain yang juga pernah memperkuat Persipura Jayapura dan Mitra Kukar ini membenarkan kabar dirinya akan merapat ke klub tersebut. 

Selain itu, Ronal juga tak menyangkal bahwa ada satu pemain Indonesia lainnya yang memperkuat FK Kozara Gradiska. Ia adalah pemain yang dulu pernah memperkuat PSG Pati, Kevin Norman Waloni.

“Iya benar. Hari ini aku jumpa pers di Dubes. Rencananya akan memperkuat FK Kozara Gradiska. Iya betul, Kevin Waloni juga berada disana,” ucap Ronal Setmot dikutip dari indosport. 

Menariknya, kedua pemain Indonesia ini nantinya akan saling bertemu dengan dua pemain Indonesia lainnya yakni Iner Sontany Putra dan Andika Pangestu.

Keduanya memperkuat Zeljeznicar Banja Luka yang saat ini berada di peringkat 7 klasemen sementara Liga 2 Bosnia. Sedangkan FK Kozara Gradiska saat ini berada di urutan empat belas klasemen.

Sementara itu, puncak klasemen saat ini dirajai oleh FK Krupa. Namun, FK Kozara Gradiska berjarak 25 poin dari FK Krupa dengan raihan 12 poin dari 15 pertandingan. FK Kozara Gradiska maupun Zeljeznicar Banja Luka juga berpotensi untuk bersinar di Liga Bosnia ini.

Dua Pemain Asli Papua Akan Berlatih di Spanyol

Dua putra asli Papua yakni Johosua Reinhard Imbiri dari Nabire dan Frans Gasper Paraibabo akan berlatih sepak bola ke Spanyol, negara yang dikenal sebagai salah satu raksasa sepak bola di Eropa.

Reinhard dan Frans merupakan bagian dari Uni Papua FC, Frans Gasper adalah pelatih Uni Papua FC yang mendapat kesempatan menjalani program sebagai hasil kerja sama dengan Club Deportivo Numancia de Soria. 

Reinhard mengaku sedikit gugup karena ini merupakan kali pertama dirinya ke luar negeri. Meskipun demikian ia mengungkapkan rasa syukur dan akan berusaha maksimal menimba ilmu di negeri orang.

"Ini pertama kali saya ke luar negeri. Jadi jujur agak gugup. Tapi, yang pasti saya bersyukur kepada Tuhan karena bisa mendapatkan kesempatan ini. Sekarang tinggal bagaimana saya berusaha untuk bisa menampilkan yang terbaik di sana. Untuk hasil dan yang lain itu belakangan," ujar Reinhard, dikutip dari Bolacom, Selasa (27/10/2021).

Lebih lanjut, Frans diketahui akan menemani Reinhard selama 4 bulan dan Reinhard akan berlatih sepak bola di Spanyol selama sekitar 10 bulan ke depan.

Sementara itu, selain menemani Reinhard, Frans juga akan mempelajari tentang kepelatihan di akademi klub yang tampil di Segunda División RFEF.

Keberangkatan dua putra asli Papua tentu menjadi harapan baru bagi dunia sepak bola Papua dan bangsa Indonesia pada umumnya. 

Diketahui, tren keberangkatan pemain sepak bola tanah air berlatih ke luar negeri belakangan terus meningkat. Setidaknya telah lebih dari 10 pemain sepak bola di Indonesia mulai berkarir di luar negeri. 

Diharapkan hal ini akan berdampak positif bagi dunia sepak bola tanah air ke depan.