Xavi Ingin Jadikan Laga Lawan Madrid Sebagai Titik Balik Barcelona

Semifinal Piala Super Spanyol 2021-2022 antara Barcelona dan Madrid

Xavi Ingin Jadikan Laga Lawan Madrid Sebagai Titik Balik Barcelona
Xavi Hernandez memimpin sesi latihan Barcelona (Foto: Reuters/Albert Gea)

RIYADH – Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez mengakui bahwa belakangan ini performa skuatnya tidak dalam kondisi stabil. 

Ini yang membuat kenapa Xavi Hernandez ingin menjadikan pertandingan melawan Real Madrid nanti di ajang Piala Super Spanyol 2021-2022 sebagai momentum kebangkitan Blaugrana.

Dimana Barcelona sedang menjalani masa-masa buruk musim ini selepas kepergian sang megabintang Lionel Messi pada musim panas lalu. 

Saat ini mereka terdampar di peringkat enam klasemen Liga Spanyol 2021-2022, tertinggal 17 poin dari Madrid yang bercokol di puncak klasemen.

Bahkan di liga domestik, performa raksasa Catalan itu juga buruk di Liga Champions. 

Mereka terlempar ke Liga Europa setelah hanya mampu finis di urutan ketiga, kalah saing dari Bayern Munchen dan Benfica yang lolos ke babak 16 besar.

Kemudian, dalam lima laga terakhir di Liga Spanyol, Sergio Busquets dan kolega juga kesulitan untuk meraih poin penuh. Mereka hanya mampy mengantongi dua kemenangan dan sisanya berakhir dengan skor imbang.

Ini alasan kuat kenapa Xavi mengincar kemenangan atas Los Blancos agar bisa lolos ke final Piala Super Spanyol 2021/2022 dan menjadi juara. 

Kata dia jika hal tersebut terwujud maka bisa menjadi titik balik bagi timnya yang saat ini performanya sedang anjlok.

"Ini bisa menjadi titik balik. Masuk ke final dan kemudian memenangkan gelar akan memberikan kredibilitas yang luar biasa untuk proyek kami," kata Xavi dilansir dari Marca, Rabu (12/1/2022).

"Akan penting (menang di semifinal). Itu tidak akan memberi kami gelar, karena masih ada final yang harus dimainkan, tetapi itu akan sangat penting bagi kami,” imbuhnya.

“Bagi kami itu adalah tantangan, peluang untuk memenangkan gelar. Kami sangat termotivasi dan itu bisa menjadi titik balik. Kami akan mencoba menjadi protagonis dan melakukan banyak hal dengan baik,” pungkasnya.

Kendati demikian, tentu saja tidak akan mudah bagi Blaugrana untuk mencuri kemenangan atas musuh bebuyutannya itu. 

Pasalnya, dari empat laga terakhir El Clasico, mereka selalu menelan kekalahan. Terakhir, di Liga Spanyol Oktober lalu, Barcelona tumbang 1-2 dari Madrid di Camp Nou.

Karena itu, Barcelona harus berjuang lebih keras untuk meraih kemenangan. Jika tidak, bisa jadi itu justru akan membuat mental mereka semakin jatuh dan terpuruk.

Sekadar informasi, pertandingan semifinal Piala Super Spanyol 2021-2022 antara Barcelona dan Madrid akan berlangsung pada Kamis (13/1/2022) pukul 02.00 WIB di Stadion King Fahd, Riyadh, Arab Saudi. 

Sehari setelahnya, semifinal lainnya yang mempertemukan Athetic Club Bilbao dengan Atletico Madrid akan dihelat di tempat yang sama.