Marketing Workshop, LIB Dorong Industrialisasi Klub Pegadaian Liga 2

Peserta mendapatkan banyak masukan berharga dalam acara ini. Arya Sinulingga dari Exco PSSI memberikan contoh bahwa klub memiliki banyak potensi untuk mendapatkan pemasukan tambahan melalui monetisasi, selain dari cara konvensional seperti menarik sponsor.

Oct 18, 2023 - 14:15
Oct 18, 2023 - 14:16
 0
Marketing Workshop, LIB Dorong Industrialisasi Klub Pegadaian Liga 2

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

Dalam era industri sepak bola saat ini, pemahaman bisnis dan kapitalisasi adalah hal yang sangat penting bagi klub sepak bola.

Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan klub dalam hal branding, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengadakan Marketing Workshop Pegadaian Liga 2-2023/24.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2023, di salah satu hotel berbintang di Jakarta. Peserta dari kegiatan ini terdiri dari media officer dan marketing officer dari klub-klub peserta Pegadaian Liga 2.

Beberapa tokoh penting turut hadir sebagai pembicara dalam acara ini. Di antaranya adalah anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, Chief of Marketing PT LIB, Budiman Dalimunthe, Kepala Departemen Marketing Communication PT Pegadaian, Khoiriyah Dwi Putranti, serta beberapa narasumber lainnya.

Peserta mendapatkan banyak masukan berharga dalam acara ini. Arya Sinulingga dari Exco PSSI memberikan contoh bahwa klub memiliki banyak potensi untuk mendapatkan pemasukan tambahan melalui monetisasi, selain dari cara konvensional seperti menarik sponsor.

"Apa pun yang dimiliki oleh klub bisa dijual. Kapitalisasi ini menjadi hal yang sangat penting bagi klub-klub Pegadaian Liga 2 yang sudah menuju profesionalisme. Mereka tidak lagi bisa dikelola secara amatir. Oleh karena itu, setiap klub harus memikirkan bagaimana membangun merek (brand) mereka agar bisa menghasilkan keuntungan," ujar Arya.

Selain itu, pentingnya melakukan branding juga menjadi topik pembahasan dalam acara ini. Menurut Budiman Dalimunthe, Chief of Marketing LIB, kemampuan klub dalam melakukan branding tidak hanya memberikan pemasukan finansial langsung bagi klub, tetapi juga membuka potensi penghasilan yang lebih besar di masa depan.

"Peningkatan nilai (value) klub sangat penting untuk keberlangsungan kompetisi dan klub itu sendiri. Dengan peningkatan nilai jual, tidak menutup kemungkinan bahwa Pegadaian Liga 2 musim depan bisa menyiarkan seluruh pertandingan," lanjut Budiman.

Jika nilai klub meningkat, klub akan memiliki citra positif yang dapat menjadi pertimbangan bagi pihak sponsor untuk berinvestasi. Pentingnya citra positif ini diakui oleh pihak Pegadaian, yang telah bersedia mensponsori kompetisi Liga 2.

"Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kami ingin berkontribusi terhadap perkembangan sepak bola di Indonesia yang sudah berjalan dengan baik di bawah kepemimpinan pak Erick Thohir," kata Khoiriyah Dwi Putranti, Kepala Departemen Marketing Communication PT Pegadaian.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow