Menpora Terima Audiensi Bupati Tapanuli Utara, Bahas Kluster Untuk PON 2024

Menpora Terima Audiensi Bupati Tapanuli Utara, Bahas Kluster Untuk PON 2024

Menpora Terima Audiensi Bupati Tapanuli Utara, Bahas Kluster Untuk PON 2024
Menpora RI Zainudin Amali menerima audiensi Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M.Si dan rombongan di ruang kerjanya, lantai 10, kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/10) pagi. (foto:egan/kemenpora)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menerima audiensi Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M.Si dan rombongan di ruang kerjanya, lantai 10, kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/10) pagi.

Turut hadir bersama rombongan Bupati antara lain partisipan politik, Tigor Sitorus. Sementara itu, Menpora Amali didampingi Asisten Deputi Bidang Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Drs. Wisler Manalu, M.M.

Usai menggelar pertemuan, Menpora Amali mengungkapkan bahwa kedatangan Bupati Tapanuli Utara dan rombongan untuk menyampaikan tentang persiapan Sumatera Utara menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI bersama Aceh 2024 mendatang. Tapanuli Utara diharapkan menjadi salah satu kluster venue PON XXI tersebut.

"Pagi ini saya kedatangan Pak Bupati Tapanuli Utara Sumatera Utara, beliau menyampaikan tentang persiapan Sumatera Utara menjadi tuan rumah PON XXI 2024. Waktu pelaksanaannya memang tahun 2024. Tapi kalau tidak dipersiapkan infrastrukturnya tentu akan tertinggal," kata Menpora Amali.

Menpora Amali mengatakan Tapanuli Utara memiliki sejumlah cabang olahraga unggulan dan sangat diminati masyarakat diantaranya Pacuan Kuda.

"Saya kira kalau digunakan untuk cabang olahraga kuda nanti pada PON XXI itu pilihan yang  paling tepat menurut saya di Tapanuli Utara. Dan saya sudah pernah kesana, memang luasnya sesuai dengan standar. Tinggal memang harus ada perbaikan (untuk jadi venue)," ujarnya.

Disamping itu, di Tapanuli Utara juga memiliki tempat-tempat yang bisa dijadikan untuk cabang olahraga Paralayang dan Terjun Payung. "Anginnya stabil dan sebagainya. Sehingga memungkinkan untuk pertandingan Paralayang," harapnya.

Untuk selanjutnya, Bupati Tapanuli Utara nantinya akan mengusulkan kepada KONI Sumatera Utara dan memberikan perimbangan supaya Tapanuli Utara menjadi salah satu pilihan untuk venue PON XXI.

Namun demikian, menurut Menpora Amali, Tapanuli Utara lokasinya sangat strategis karena memiliki Bandara Udara Internasional Silangit dan memudahkan ke wilayah-wilayah lain di Sumut dan Aceh.

Dengan demikian, Menpora Amali mendukung dan mendorong pembangunan infrastruktur olahraga di Tapanuli Utara dengan rekomendasi kepada Kementerian PUPR.

"Saya sebagai menteri yang juga akan menjadi pendorong untuk pembangunan infrastruktur olahraga, walaupun bukan kami yang membangun. Tetapi kita mendapatkan masukan dari Pak Bupati tentu akan kita kita rekomendasikan kepada kementerian terkait yang punya tugas untuk menyiapakan infrastruktur olahraga sebagaiamana pada PON XX Papua yang lalu," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Menpora Amali yang telah meluangkan waktu menerima mereka. Dalam kesempatan ini, katanya, dirinya mengajukan permohonan pembangunan infrastruktur olahraga untuk Pacuan Kuda, GOR dan Sport Center.

"Puji Tuhan pak menteri menyambut baik dan kiranya usulan-usulan kita ini bisa ditindaklanjuti bapak menteri dan semua kementerian teknis. Sekali lagi kami masyarakat Tapanuli Utara, Tapanuli Raya yang ada di kampung halaman dan semua di perantauan berharap sekali agar usulan-usulan kami bisa ditindaklanjuti," harapnya.