Chris Smalling Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Final Conference League

Chris Smalling Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Final Conference League

Chris Smalling Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Final Conference League

Chris Smalling terpilih sebagai pemain terbaik di final UEFA Conference League 2021/2022. (UEFA)


Bek AS Roma, Chris Smalling, mendapat kebahagiaan berlipat di final UEFA Conference League 2021/2022. Selain mengantarkan timnya menjadi juara, Smalling juga menyabet penghargaan individu.


AS Roma berhasil menjadi juara edisi perdana UEFA Conference League usai mengalahkan Feyenoord dengan skor tipis 1-0 di Air Albania Stadium, Tirana, Kamis (26/5). Ini sekaligus jadi gelar kedua Serigala Ibu Kota di kompetisi Eropa setelah Inter-Cities Fairs Cup pada tahun 1961.


Keberhasilan AS Roma dilengkapi oleh gelar individu yang didapat oleh bek andalannya, Chris Smalling. Bek tengah asal Inggris tersebut dinobatkan sebagai pemain terbaik di partai final oleh Tim Panel Teknis UEFA.


Dia mampu mengalahkan rekannya, Rui Patricio, yang juga tampil gemilang karena sejumlah penyelamatan penting. Tim Panel UEFA memilih Smalling karena dinilai berhasil meredam duet maut Feyenoord yang total menyumbangkan 16 gol di sepanjang turnamen, yaitu Luis Sinisterra dan Cyriel Dessers.


"Smalling menampilkan permainan bertahan yang hebat. Dia selalu memenangkan duel individu dan solid seperti batu di jantung pertahanan Roma." kata panel pengamat teknis UEFA, seperti dikutip dari UEFA.com.


Sementara itu, bagi Smalling, kesuksesan yang diraihnya ini tidak terlepas dari dukungan rekan setimnya. Dia merasa senang menjadi bagian dari sejarah AS Roma dalam mendapatkan trofi kompetisi Eropa pertamanya.


"Kami tahu betapa berartinya itu bagi semua orang di Roma, dan Anda dapat melihat betapa kebersamaan kami, semua orang berjuang sampai akhir," ujar Smalling kepada BT Sport.


"Kami harus melakukan itu pada beberapa kesempatan tahun ini (berjuang keras), kami turun sedikit lebih dalam dari yang mungkin kami inginkan, tetapi kami tahu kami harus melakukan segalanya. Anda bisa lihat, penyerang berlari ke belakang, semua orang bertahan dan kami tahu kami harus menang," imbuhnya.

Adapun gelar Conference League ini jadi trofi kompetisi Eropa kedua yang didapat Smalling sepanjang kariernya. Sebelumnya, dia pernah menjadi juara Europa League musim 2016/2017 bersama Manchester United.


Menariknya, dalam dua kesempatan tersebut Smalling dilatih oleh orang yang sama. Dia adalah Jose Mourinho.