Sukseskan Publikasi PON XXI Aceh-Sumut 2024, KONI Pusat Mengajak Seluruh Pihak Terlibat
Kemenko PMK siap mendukung publikasi dan sosialisasi untuk PON XXI melalui media sosial, media massa, dan media luar ruang.

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 semakin dekat, tinggal 58 hari lagi dari tanggal 12 Juli 2024. PON XXI 2024 ini sangat dinantikan dan bersejarah karena beberapa alasan.
Pertama, untuk pertama kalinya sejak PON pertama tahun 1948, acara ini diselenggarakan di dua provinsi: Aceh dan Sumatera Utara. Kedua, ini adalah PON dengan peserta terbanyak, melibatkan 38 kontingen provinsi, termasuk Daerah Otonom Baru (DOB) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
PON XXI tidak hanya menjadi ajang kompetisi untuk menjaring atlet terbaik Indonesia, tetapi juga momentum pemersatu bangsa di tahun pemilu. Setelah masyarakat mengalami perbedaan pilihan politik, mereka akan dipersatukan untuk mendukung kontingen masing-masing.
Selain itu, PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi ajang perpisahan bagi masyarakat olahraga dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang masa baktinya berakhir pada akhir September 2024.
Mengingat pentingnya PON XXI Aceh-Sumut 2024, terutama dalam hal publikasi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat selaku penyelenggara mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam menyukseskan acara ini. “Pekan Olahraga Nasional (PON) adalah agenda 4 tahunan. Ini adalah multi-event nasional terbesar di Indonesia, kita harapkan bisa menggambarkan sejauh mana hasil pembinaan yang dilakukan oleh KONI Provinsi oleh pengurus provinsi cabang olahraga terhadap para atlet,” jelas Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.
Pesan tersebut disampaikan Marciano pada pertemuan bidang media dan humas Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Aceh dan Sumut dengan bidang terkait pada Panitia Besar PON XXI Aceh dan Sumut, serta Kementerian/Lembaga terkait. Beberapa yang hadir antara lain perwakilan dari Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK).
Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Aceh-Sumut mengundang semua K/L terkait dan seluruh pihak untuk menyukseskan PON dengan semangat “Bersatu Kita Juara”. Persatuan, kolaborasi, kerja keras, kerja sama, dan sinergi akan membuahkan prestasi.
“Perlu kerja keras dan kerja sama dalam memanfaatkan informasi yang cukup,” pesan Ketua Umum KONI Pusat. “Mari kita jadikan media dan humas sebagai ujung tombak yang mendukung keberhasilan PON XXI Aceh-Sumut 2024,” lanjutnya.
“Saya ingin momen ini betul-betul menjadi pemersatu bagi bidang media, humas, dan pemberitaan, sehingga gaung PON XXI Aceh-Sumut semakin didengar masyarakat,” katanya.
Sebelumnya, Wakil Ketua Umum V KONI Pusat Drs. Tursandi Alwi membuka secara resmi Kick Off Meeting media dan humas K/L. “Sebagaimana arahan Presiden RI, Bapak Joko Widodo pada Ratas terakhir, PON XXI tetap dilaksanakan pada tanggal 8-20 September 2024,” katanya. “Mari kita tingkatkan koordinasi dan membangun forum bersama,” sambungnya merujuk pada Sekretariat Bersama (Sekber) Media Humas PON XXI Aceh-Sumut.
Sekber ini merupakan gagasan dari bidang Media dan Humas Panwasrah Aceh dan Sumut PON XXI, sebagai redaksi bersama dengan tujuan mewujudkan glorifikasi PON XXI. Pada rapat tersebut, Ketua Panwasrah Media dan Humas Sumut Raja Parlindungan Pane menekankan pentingnya peran Kemenpora dalam memberikan arahan dan membantu menghubungkan dengan Dispora di seluruh Indonesia untuk ikut kampanye PON XXI Aceh-Sumut.
Kementerian Kominfo yang diwakili Direktorat Informasi Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (IK PMK) Ditjen IKP menerangkan bahwa ajakan KONI Pusat untuk bersama-sama menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut telah ditindaklanjuti.
Diharapkan agar dukungan media center untuk PON XXI dapat terealisasi setelah RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan DPR serta persetujuan dari Kemenkeu. KONI Pusat juga akan mengajak Direktorat lainnya untuk mendukung publikasi, termasuk kampanye melalui SMS blast.
Kemenko PMK siap mendukung publikasi dan sosialisasi untuk PON XXI melalui media sosial, media massa, dan media luar ruang.
KSP juga menyinggung terkait strategi media. Diperlukan kata kunci dan narasi, seperti Legacy Presiden Joko Widodo-Wapres Ma'ruf Amin di akhir masa baktinya. Namun, ada masalah yang perlu diselesaikan bersama. “Kami membutuhkan bantuan untuk menciptakan jingle promosi yang efektif dalam gerakan cepat kampanye PON XXI, termasuk televisi, digitalisasi kampanye, dan lain-lain,” jelas Linda Wahyudi yang mengelola Broadcasting pada PON XXI.
Ditegaskan pentingnya Broadcasting dan IT sebagai tulang punggung dalam menyemarakan PON XXI.
What's Your Reaction?






