Venue Penutupan PON 2024 Stadion Utama Dikebut 3 Shift

Stadion Madya Tinggal Penerangan

Jul 1, 2024 - 01:07
Jul 1, 2024 - 01:14
 0
Venue Penutupan PON 2024 Stadion Utama Dikebut 3 Shift
Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni saat meninjau Stadion Madya Atletik Deli Serdang (dok.istimewa) Artikel ini telah tayang di Idntimes.com dengan judul

SUMUT JUARA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Agus Fatoni langsung meninjau venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Desa Sena, Kualanamu, Deli Serdang, pada Rabu (26/6/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Agus meninjau Stadion Madya Atletik, Stadion Utama, Martial Arts Arena, dan stadion bola voli bersama Forkopimda Sumut dan sejumlah pejabat OPD.

Agus Fatoni melakukan peninjauan ini segera setelah mendarat di Sumut usai dilantik sebagai Pj Gubernur Sumut.

"Setelah landing, saya langsung meninjau venue PON. Tugas saya sebagai Pj Gubernur adalah memastikan bahwa pemerintahan berjalan dengan baik, melaksanakan pembangunan, dan meningkatkan pelayanan. Salah satunya adalah memastikan bahwa penyelenggaraan PON di Sumatera Utara berjalan dengan baik," kata Pj Gubernur Sumut.

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

Ia menambahkan bahwa untuk kelancaran pelaksanaan PON 2024, perlu mengecek berbagai persiapan termasuk sarana, dana, dan SDM penunjang agar semuanya terpenuhi. Menurutnya, hal tersebut merupakan tugas bersama pemerintah daerah, Forkopimda, kabupaten/kota, dan semua elemen masyarakat.

"Stadion Madya Atletik sudah selesai, tinggal menambahkan penerangan dan beberapa hal lainnya. Sementara Stadion Utama diperkirakan akan selesai Juli, dan bulan Agustus sudah bisa digunakan. Harusnya selesai September tapi karena harus digunakan sebagai venue penutupan PON 2024, dilakukan percepatan. Maka tugas kita bersama-sama memastikan sarana dan prasarana selesai sebelum pelaksanaan kegiatan PON," jelasnya.

Stadion Madya Atletik Sumut Sport Centre tersebut memiliki 8 lintasan tanding dan 8 lintasan pemanasan. Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, menyatakan bahwa stadion madya yang sudah selesai pada Desember 2023 ini adalah satu-satunya di Indonesia yang memiliki 8 lintasan tanding dan latihan.

Kawasan Sport Centre Dispora Sumut seluas 25 hektare ini juga memiliki wisma atlet, gedung serbaguna, stadion futsal, arena bowling, dan sirkuit multifungsi. Mengenai pendanaan, Agus Fatoni menyatakan bahwa jika diperlukan, pergeseran anggaran bisa dilakukan tanpa menunggu APBD perubahan.

"Dukungan anggaran banyak juga dari APBN. Anggaran sudah cukup, tetapi bila diperlukan tambahan, bisa dilakukan pergeseran anggaran tanpa menunggu APBD perubahan, yaitu dengan melakukan perubahan peraturan kepala daerah tentang penjabaran APBD dan diberitahukan kepada pimpinan DPRD. Sumbernya dari dana BTT (belanja tidak terduga)," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri itu.

Pantauan wartawan pada Rabu (26/6/2024) menunjukkan bahwa Stadion Utama sedang dalam pengerjaan tribun, sementara rumput sudah ditanam. Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, mengatakan bahwa untuk tribun Stadion Utama tinggal membangun atap, dan pengerjaannya terus dikebut.

"Pengerjaan ini berlangsung 3 kali 8 jam atau 3 shift, dikebut pagi, sore, malam, dengan menggunakan lima crane. Jadi kami optimis selesai cepat," kata Baharuddin.

PON XXI Aceh-Sumut akan dibuka pada 8 September 2024 di Aceh, dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut. Sesuai dengan arahan Presiden, PON akan berjalan sesuai dengan jadwal. "Sesuai dengan arahan Presiden, PON akan sesuai jadwal. Jadi semua mesti kita kebut, tapi sejauh ini tidak ada kendala, sehingga kami yakin semuanya akan tepat waktu," ujar Baharuddin.

Secara terpisah, Ketua Harian PB PON Sumut, Afifi Lubis, menyatakan bahwa secara keseluruhan, progres pembangunan venue PON sudah mencapai 80 persen. Ia mengklaim bahwa proses pembangunan tidak mengalami kendala.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow