Utamasia Kerja Sama dengan Asprov Sumut Gelar Kursus Pelatih Lisensi D

Sebelumnya mereka juga baru menggelar kursus lisensi yang sama bulan Mei lalu. Total Utamasia sudah 4 kali mengadakan kursus lisensi kepelatihan baik D maupun C.

Jul 1, 2024 - 15:44
Jul 1, 2024 - 18:11
 0
Utamasia Kerja Sama dengan Asprov Sumut Gelar Kursus Pelatih Lisensi D

BOLAHITA, MEDAN - Akademi sepakbola Utamasia bekerja sama dengan Asprov PSSI Sumut menggelar Kursus Kepelatihan Lisensi D PSSI Diploma. 

Kursus digelar di Mess Pertanian Pemprov Sumut (teori) dan Lapangan Arhanud atau Boca Junior pada 1-7 Juli 2024 (praktek). 

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

Kursus ini diikuti 30 pelatih dari Sumatra Utara. Terlihat beberapa mantan pemain serta yang masih aktif ikut serta mengikuti kursus lisensi D Diploma. Kali ini menghadirkan instruktur nasional Philep Hansen Maramis.

Philep Hansen mengatakan ada banyak talenta sepak bola di Sumatra Utara. Namun sayangnya banyak yang belum mendapat pelatihan yang tepat. Untuk itu pelatih harus meng-upgrade ilmunya dengan mengikuti kursus lisensi berjenjang untuk nantinya bisa menciptakan pemain yang berkualitas pula.

"Saat ini PSSI terus menambah pelatih berlisensi. Untuk itu kursus ini penting. Nantinya bisa memilih mau jadi pelatih klub atau instruktur, karena saat ini hanya sedikit Indonesia punya instruktur dari daerah," kata Philep.

Pada kesempatan itu, lewat sambungan telepon, Yeyen Tumena selaku Departemen Teknik PSSI yang membidangi kepelatihan turut memberikan motivasinya kepada peserta. Dia berharap peserta datang tak hanya sekadar sertifikat.

"Untuk kursus yang ada di Medan, Sumatra Utara bisa mendapatkan hal yang sama. Kursus bukan soal mengambil sertifikat saja, tapi bagaimana kita saling berbagi, menginspirasi dan mengambil banyak hal dari kursus, terkait perkembangan sepak bola, kelimuan, aplikasi ke pemain penting untuk kita," kata Yeyen.

Menurut Yeyen, saat ini perkembangan sepak bola dunia sangat pesat. Banyak hal yang perlu dipelajari oleh para pelaku sepak bola Indonesia.

"Saya sedang mengikuti konference keilmuan kepelatihan dengan seluruh negara Asia dan Oceania. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari negara lain. Apa yang kita bisa ambil, dan lakukan yang belum dilakukan. Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan sepak bola dunia. Salah satu acaranya meng-upgrade kelimuan kita terus menerus. Harapan saya dari kursus ini para pelatih bisa mendapat keilmuan dan mengupgrade kemampuannya. Meningkatkan kemampuan di Indonesia yang akan datang," pungkasnya.

Sementara itu Iskandar mewakili Utamasia mengatakan lewat kursus ini diharapkan peserta bisa mendapatkan ilmu dan kemudian diaplikasikan. "Kursus ini untuk meningkatkan kualitas kepelatihan di daerah," kata Iskandar.

Kursus lisensi D ini merupakan yang kedua Utamasia tahun ini. Sebelumnya mereka juga baru menggelar kursus lisensi yang sama bulan Mei lalu. Total Utamasia sudah 4 kali mengadakan kursus lisensi kepelatihan baik D maupun C.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow