Pembukaan Porkot Medan 2014 Hari Ini di Stadion Teladan

Pembukaan Porkot Medan 2014 Hari Ini di Stadion Teladan

Pembukaan Porkot Medan 2014 Hari Ini di Stadion Teladan
Salah satu persiapan pembukaan Porkot Medan
Gelaran Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan VI Tahun 2014, Selasa (9/9) sore ini akan dibuka langsung oleh Wali Kota Medan Drs. HT Dzulmi Eldin S, MSi bersama unsur Muspida Tk II dan jajaran SKPD di Stadion Teladan.

Plt Ketua Umum KONI Medan Drs. Eddy H Sibarani mengatakan di Medan, Senin (8/9), Wali Kota berkenan langsung hadir membuka Porkot, sebagai wujud apresiasi terhadap pembinaan atlet dan olahraga di daerah ini. "Setiap tahun Wali Kota selalu hadir meluangkan waktu di acara pembukaan. Bahkan di Porkot 2014 ini, Wali Kota ingin berada lebih dekat lagi dengan atlet dan minta tribun VIP tidak lagi di atas, namun dibuat khusus di dekat lapangan, agar bisa lebih dekat sewaktu acara defile," ungkap Eddy didampingi Ketua PB Porkot Medan 2014 Aswin Nasution, di sela-sela acara gladi bersih. Porkot Medan 2014 berlangsung sampai 16 September.

Menurut Eddy, kegiatan multi event Porkot Medan 2014 melibatkan sekitar 4.000 orang yang terdiri dari 3.100 atlet, 700 pelatih dan 200 panitia dari 21 kecamatan yang ada di kota ini. Ada 33 cabang olahraga yang dipertandingkan yang menyediakan 619 medali emas dan perak, serta perunggu. Kontingen peraih medali emas terbanyak berhak atas predikat juara umum yang akan membawa pulang Piala Wali Kota.

Dikatakan, prosesi acara pembukaan diawali defile atlet mulai pukul 14.00 dan puncaknya adalah penyalaan obor api Porkot yang akan dilakukan oleh atlet peraih medali emas SEA Games 2013 Aldy Lukman dari cabor wushu serta Nurmala Deli ( peraih medali emas PON 2012 cabang tinju).

Dijelaskan, Panitia telah mempersiapkan acara hiburan seperti tarian massal dan penampilan artis ibukota, Bella Sofie serta artis asal Medan, Weni KDI yang dibarengi undian lucky draw dengan hadiah utama satu unit sepeda motor Yamaha. "Kita imbau agar warga Medan ramai-ramai datang menyaksikan acara pembukaan, karena ada banyak atraksi dan hiburan yang kita siapkan. Selain itu, di pelataran parkir sekitar stadion setiap harinya juga berlangsung banyak kegiatan serta aneka stan dan bazaar," ungkap Eddy.

Sementara itu itu, berkaitan dengan perayaan Haornas yang juga jatuh pada 9 September, di acara pembukaan ini,  Wali Kota Medan juga akan menyematkan pin emas kepada lima tokoh olahraga yakni Supandi Kusuma (wushu), Lusmin Sumiryo (tenis meja), Alm HT Bustaman (renang/polo air), Ijeck (otomotif) dan Alm Drs H. Zulhifzi Lubis (penggerak olahragaI).