Menpora Ingatkan Wushu Persiapan SEA Games dan Asian Games Tahun 2023 Lebih Awal

Menpora Ingatkan Wushu Persiapan SEA Games dan Asian Games Tahun 2023 Lebih Awal

Menpora Ingatkan Wushu Persiapan SEA Games dan Asian Games Tahun 2023 Lebih Awal

JAKARTA - Menpora RI Zainudin Amali kembali mengingatkan untuk mempersiapkan diri lebih awal kepada cabor Indonesia menghadapi SEA Games tahun 2023 Kamboja dan Asian Games 2023 di China.


Menpora Amali juga tegaskan penerapan DBON kedepan akan semakin diperketat. "Semoga wushu sudah mempersiapkan diri lebih awal untuk SEA Games Kamboja tahun 2023 mendatang," kata Menpora Amali saat menghadiri Malam Apresiasi SEA Games ke-31 Tahun 2021 Vietnam Cabang Olahraga Wushu dan Kickboxing di Wisma AKR, Kebun Jeruk, Jakarta, Kamis (9/6).


Seperti diketahui SEA Games ke-32 tahun 2023 akan dilaksanakan di Phnom Penh, Kamboja sekitar awal bulan Mei tahun 2023. Sedangkan Asian Games di awal Bulan September tahun 2023 di Hangzhou, China. Menpora Amali berharap waktu yang ada dipergunakan sebaik mungkin.


"Harus mulai dari sekarang koordinasinya Pak Ngatino dengan Kamboja, agar apa yang dikeluhkan sebelumnya bisa diatasi nantinya. Kamboja harus sudah bisa dilobi dari sekarang supaya kita tidak ada yang dirugikan," tambah Menpora Amali.


Menpora Amali juga mengingatkan kedepan penerapan DBON juga akan semakin diperketat baik untuk single dan multievent karena hasil yang diraih telah dapat dirasakan.


"Kalau kemarin (SEA Games 2021 Vietnam) rekomendasi masih dari dokumen belum ketat, tetapi nanti kedepan akan lebih ketat lagi mulai dari Vo2 Max dan sebagainya akan diukur secara serius karena hasilnya sudah terlihat. Kita terapkan DBON setengah saja kita dapat peringkat tiga, semoga akan diikuti oleh semua cabor," harap Menpora Amali.


Terkait bonus peraih medali SEA Games 2021 Vietnam, Menpora Amali pastikan pemerintah pasti akan memberikan. Tetapi, waktunya akan menyesuaikan dengan Presiden Joko Widodo.


"Mohon maaf pemerintah belakangan. Bapak Presiden sudah memberikan arahan kepada saya akan memberikan kepada peraih medali, pelatih, asisten pelatih. Tetapi waktunya menyesuaikan dengan waktunya Bapak Presiden," tutur Menpora Amali.


Terkait besaran bonus, Menpora Amali sampaikan minimal seperti saat di SEA Games 2019 lalu di Filipina. "Saya pastikan pemerintah akan memberikan bonus apresiasi minimal seperti saat di SEA Games Filipina 2019 kalau tidak ada perubahan," urai Menpora Amali.


"Sekali lagi apresiasi semoga prestasi semakin baik dan semakin naik lagi," pungkas Menpora Amali.