PSSI akan Menugaskan Asisten Wasit Tambahan

PSSI juga akan mendatangkan direktur teknik wasit dari luar negeri yang direkomendasikan oleh AFC 

PSSI akan Menugaskan Asisten Wasit Tambahan
Wasit masih menjadi sorotan PSSI

JAKARTA - PSSI  berencana untuk menugaskan asisten wasit tambahan (wasit kelima dan keenam) mulai di Seri IV BRI Liga 1 2021/2022 dan semifinal Liga 2 2021.

Dua tambahan asisten wasit itu, (wasit kelima dan keenam) akan berada di masing-masing garis gawang. 

Namun, sebelum melaksanakan hal ini, PSSI lebih dulu akan bersurat dan menunggu approval dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Seperti diketahui dalam lazimnya sepakbola, dalam setiap pertandingan ada perangkat pertandingan yang terdiri dari wasit  tengah (1), asisten wasit (2 orang) dan wasit cadangan (1). Jadi total ada 4 perangkat pertandingan. 

Maka ke depan PSSI akan menambah asisten wasit tambahan. Rencana ini tidak melanggar Peraturan Permainan. 

Hal ini dilakukan sambil menunggu diterapkannya penggunaan VAR (Video Assistant Referee) di kompetisi sepak bola Indonesia.

PSSI memahami ada banyak hal yang menjadi perhatian klub dan nitizen soal wasit. 

Itu sebabnya dalam rapat yang dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan dihadiri Waketum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Exco Ahmad Riyadh sekaligus Ketua Komite Wasit, dan Departemen wasit, ada dua hal penting yang diputuskan.

Pertama penambahan asisten wasit tambahan. 

Kedua PSSI juga akan mendatangkan direktur teknik wasit dari luar negeri yang direkomendasikan oleh AFC dengan tugas mengevaluasi dan merekomendasikan wasit dalam pertandingan Liga 1. 

Namun, sebelum mendatangkan direktur teknik wasit, PSSI juga akan berkirim surat dan menunggu persetujuan dari AFC.

Khusus asisten wasit tambahan ini, di beberapa liga di Eropa pernah menerapkan hal itu sebelum kemudian memakai VAR (video assistant referee).

Iriawan melanjutkan sebelum menugaskan asisten wasit tambahan, mereka akan lebih dulu dikursuskan secepat mungkin. Tujuannya agar mereka siap bertugas di Seri IV di Pulau Bali yang akan dimulai 5 Januari 2022 dan semifinal Liga 2.

"Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi. PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia," imbuh Iriawan.