Tim Nasional Hockey Indonesia Ikut Kejuaraan Hockey Indoor Asia Cup 2022 di Thailand

Tim Nasional Hockey Putra dan Putri Indonesia resmi dilepas Plt. Sesmenpora Jonni Mardizal untuk mengikuti Kejuaraan Hockey Indoor Asia Cup 2022 di Thailand yang akan berlangsung 8-16 Agustus 2022.

Tim Nasional Hockey Indonesia Ikut Kejuaraan Hockey Indoor Asia Cup 2022 di Thailand
Tim Nasional Hockey Putra dan Putri Indonesia resmi dilepas Plt. Sesmenpora Jonni Mardizal untuk mengikuti Kejuaraan Hockey Indoor Asia Cup 2022 di Thailand yang akan berlangsung 8-16 Agustus 2022.(foto:bagus/kemenpora)

JAKARTA - Tim Nasional Hockey Putra dan Putri  Indonesia resmi dilepas Plt. Sesmenpora Jonni Mardizal untuk mengikuti Kejuaraan Hockey Indoor Asia Cup 2022 di Thailand yang akan berlangsung 8-16 Agustus 2022.

Pada pelepasan di Theater Wisma Kemenpora, Selasa (2/8) siang, Jonni Mardizal  berharap timnas Hockey mampu memberikan yang terbaik di kejuaraan tersebut. Menurutnya, Kejuaraan Hockey Indoor Asia  Cup 2022 Thailand akan dijadikan ajang uji coba bagi Tim Nasional (Timnas) Hockey  Putra dan Putri Indonesia sebelum berlaga di Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok yang ditunda pelaksanaannya tahun 2023 akibat pandemi Covid 19.

“Di sini (Piala Asia) adalah kesempatan kita berhadapan dengan tim hebat di Asia. Kita harus memanfaatkan kesempatan ini termasuk untuk persiapan Asian Games Hangzhou 2022. Karena timnas Hockey  Putra dan Putri Indonesia berhasil meraih tiket ke Asian Games 2023.  Dan tentunya harapan kita, semoga di kejuaraan ini timnas bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, di setiap kejuaraan single even, timnas Indonesia berupaya untuk mengikuti dengan sabaik-baiknya. Dan Kemenpora akan selalu mendukung hal ini. "Kemenpora selalu mendukung semua  induk cabang olahraga untuk mengikuti setiap kejuaraan single even. Namun demikian,  seperti yang sudah ditetapkan di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bahwa pemerintah memprioritaskan cabor yang masuk di Olimpiade," ucapnya.

"Tapi tidak menutup kemungkinan Hockey suatu saat nanti bisa masuk cabor prioritas. Jadi cabor prioritas ini ada promosi dan degradasi. Kalau dari  14 cabor prioritas tidak memberikan kontribusi yang besar terhadap prestasi olahraga Indonesia bisa saja terdegradasi dan akan di gantikan dengan cabor lain yang kita prediksikan bisa memberikan kontribusi kepada Indonesia," tambahnya.

Dewan Pembina PB Hockey Indonesia Indra Gamulya mengatakan bahwa 30 pemain telah mengikuti seleksi dan latihan bersama di Sukabumi selama kurang lebih 1 bulan. "Saya bersama Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat sudah dua kali  meninjau kesana (Sukabumi) dan perkembangan sangat signifikan," ucapnya.

"Insyah Allah kedepan kita tidak saja bisa berpartisipasi di Asia saja tapi lebih dari itu Hockey Indonesia bisa masuk di  kualifikasi Kejuaraan Dunia Hoki Es (IIHF World Championship) 2023. Karena itu saya minta para atlet lebih samangat untuk menuju ke World Championship," pungkasnya.