Tips dari Coach Ken : Analisis Video Pertandingan yang Efektif

Pelatih Kepala Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahasi memiliki resep rahasia dalam pogram kepelatihannya

Tips dari Coach Ken : Analisis Video Pertandingan yang Efektif
Pelatih Kepala Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahasi

JAKARTA - Setiap pelatih futsal biasanya memiliki gaya dan ciri khas, termasuk dalam hal memperkaya kurikulum dalam program kepelatihannya. 

Tujuannya tentu saja sama, yaitu memberi nilai tambah untuk menempa para pemain agar dapat mengeluarkan semua potensi mereka dan dapat menjadi bagian dari tim.

Pelatih Kepala Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahasi memiliki resep rahasia dalam pogram kepelatihannya. 

Resep rahasia itu diterapkan Coach Ken pada saat Pemusatan Latihan Timnas Futsal terakhir yang dilaksanakan di Bhaskara Arena, Surabaya pada Oktober lalu.

Sebelumnya menyampaikan resep rahasianya, Coach Ken mengingatkan pentingnya tugas seorang pelatih untuk selalu menjaga dan meningkatkan kebugaran para pemain dan membentuk karakter mereka.

Setelah kedua hal mendasar itu, menurut Coach Ken, hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah  bagaimana membentuk dan mempercepat pemahaman para pemain  tentang konsep strategi.

Untuk hal yang terakhir ini, pelatih  asal  Jepang ini memilih Analisis Video Pertandingan. Ini adalah cara yang mudah dan sesuai dengan situasi dan kondisi saat pandemi ini.

Dengan menonton rekaman pertandingan, maka pengetahuan pemain terhadap permainan tetap bertambah. 

Para pemain harus tetap mengikuti perkembangan permainan, meskipun dalam dua tahun terakhir ini, tidak banyak pertandingan futsal yang dapat disaksikan secara langsung.

“Apabila seorang atlet tidak mendapat lingkungan yang memberikan jam terbang bermain untuk menjaga sentuhan dan fisik bertanding, mereka juga bisa melihat pertandingan futsal di luar negeri yang ditayangkan di televisi maupun platform media lain supaya dapat mengembangkan dirinya melalui taktik taktik dalam dunia futsal yang terus berkembang” ungkap Coach Ken.

Kensuke Takahasi menjelaskan cara kerja Analisis Video Pertandingan pada Pemusatan Latihan Timnas Futsal Indonesia yang berakhir  pada 23 Oktober lalu.

Tahap 1 : Seorang pelatih harus mengenali kemampuan masing-masing pemain dalam memahami setiap Instruksi yang diberikan. 

“Ada pemain yang paham dengan mendengar dari bahasa verbal, Ada pemain yang paham dengan melihat video, dan Ada pemain yang paham dengan praktek di latihan langsung. Jadi Karena banyak tipe pemain, maka untuk mendukung perkembangan semua pemain dibutuhkan berbagai macam cara latihan di dalam maupun di luar lapangan. Pada pemusatan latihan kemarin saya melihat sebagian besar pemain mampu memahami skill dan taktik melalui materi video dan mempraktekan langsung di lapangan”.

Tahap 2 : Video yang diperlihatkan kepada pemain  harus spesifik agar pemain dapat menyerap secara  optimal. Video yang diperlihatkan meliputi :

• Cuplikan set piece (strategi saat tim mendapat kesempatan free kick)

• Cuplikan tim menghadapi situasi set piece

• Cuplikan konsep bermain sebuah tim dalam situasi open play

• Pergerakan pemain saat transisi negatif (dari menyerang menjadi bertahan)

• Pergerakan pemain saat transisi positif / counter attack (dari bertahan menjadi menyerang)

Tahap 3 : Sebelum memulai latihan, Coach Ken selalu menayangkan video pertandingan, lalu memberikan intruksi melalui tactikal board sebagai intruksi verbal kepada pemain dan menyuruh pemain mempraktekkan apa yang baru mereka lihat dari video. Dari situ  akan terlihat  kesalahan yang mereka lakukan dan mengevaluasi secara bersama-sama untuk menyempurnakan latihan yang dimulai dari analisis video tadi.

Tahap 4 : Untuk durasi dari sesi Analisis Video Pertandingan sebaiknya dipadukan dengan praktek langsung di lapangan, dan dilakukan berulang ulang sampai konsep bermain yang dipelajari dari video pertandingan tersebut terlihat sempurna dan dapat dipahami mendalam oleh para pemain.

Pemain debutan yang ikut dalam pemusatan latihan,  Dewa Rizki Amanda  mengungkapkan pengalamannya selama menjalani pemusatan latihan Timnas Senior.

Menurutnya, cara Coach Ken memadukan analisis video pertandingan dengan latihan langsung di lapangan sangat efektif untuk pemain agar dapat mengembangkan kemampuan.

“Betul Coach Ken sering memadukan analisis video saat latihan kangsung di lapangan jadi itu sangat bagus untuk perkembangan diri saya pribadi, jadi kita bisa melihat secara visual dan menerapkan langsung jadi akan sangat bagus dan efektif”, kata pemain yang kini bergabung dengan klub Futsal Cosmo FC di PFL 2021.

(sumber : futsalindonesia)