Wagub Sumut Paparkan Rencana Gelar Road to WRC Danau Toba 2024 ke Menpora

Dalam audiensi tersebut dipaparkan tentang adanya rencana kalender balap mobil di Sumatera Utara yakni, Road to World Rally Championship (WRC).

Wagub Sumut Paparkan Rencana Gelar Road to WRC Danau Toba 2024 ke Menpora
Menpora RI Zainudin Amali menerima Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dan rombongan, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Jum'at (13/1) pagi. Dalam audiensi tersebut dipaparkan tentang adanya rencana kalender balap mobil di Sumatera Utara yakni, Road to World Rally Championship (WRC).(foto:egan/kemenpora)

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dan rombongan, di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Jum'at (13/1) pagi. 

Dalam audiensi tersebut dipaparkan tentang adanya rencana kalender balap mobil di Sumatera Utara yakni, Road to World Rally Championship (WRC).

Setelah mendengar dan memperhatikan paparan, Menpora Amali akan membantu bagaimana even dunia tersebut dapat sukses terselenggara di Bumi Andalas tersebut.

"Salah satu syarat dukungan pemerintah pusat adalah sebuah even harus menjadi kalender resmi nasional, karena ini otomotif harus segera berkomunikasi dengan PP IMI, nanti saya akan bantu berkomunikasi," kata Menpora Amali.

"Dari paparan tadi saya sudah tahu gambarannya. Jadikan APRC menjadi target menuju WRC, Road to World Rally Championship (WRC). Kemenpora akan bantu sesuai kapasitasnya, dan yang terpenting kita dorong sama-sama," tegasnya.

Selanjutnya daerah diharapkan serius mempersiapkan dengan terus menjalin sinergi dengan instansi-instansi lainnya. Karena persiapan dan keterlibatan daerah sangat dibutuhkan.

"Pasti nanti ditanyakan apa kontribusi daerah, dan nanti kita dorong sama-sama agar ada kebijakan di pemerintah pusat, dan itu diperlukan keterlibatan juga dari federasi pusat (PP IMI)," tambahnya.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dalam penjelasannya menyebut bahwa Sumatera Utara punya pengalaman sebelumnya sebagai tuan rumah seri rally dunia.

"Pak Menteri, Sumatera Utara di tahun 1996-1997 sudah menjadi tuan rumah rally dunia dengan nama Trans Sumatera Rally, karena tahun 1998 batal maka 2019 turun menjadi APRC. Oleh karenanya kami ingin APRC tahun ini sukses dan dapat mengembalikan menjadi even dunia WRC," jelasnya.

"Kita semangat karena Sumut hingga saat ini gudangnya pereli. Dan pada nantinya pemilihan Danau Toba guna untuk mendongkrak Sports Tourism agar semakin dikenal dunia," imbuhnya.

Tahun ini akan kembali digelar APRC di Sumatera Utara, yakni pada bulan September Seri-3 dan untuk November Seri terakhir. 

Dengan kesuksesan penyelenggaraan dua even tingkat Asia-Pasific tersebut, diharapkan pada tahun 2024 dapat dipercaya sebagai tuan rumah World Rally Championship di Danau Toba.

Hadir mendampingi Wagub Sumut, Wakil Ketua DPRD sekaligus sebagai Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, dan Pengurus IMI Sumut Ahmad Syauki.