Anggaran KONI Sumut Paling Kecil

Anggaran KONI Sumut Paling Kecil

Sep 2, 2015 - 16:25
 0
Anggaran KONI Sumut Paling Kecil
Kabari olah raga kita
MEDAN. BOLAHITA - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi, mengajak KONI Sumut untuk jalan terus, kendati tahun ini dibekali anggaran paling kecil di Pulau Sumatera.

“The show must go on, kita harus jalan terus. Kebutuhan KONI sangat penting, karena tidak mungkin Sumut tidak ikut Porwil dan Pra PON,” ujar Erry Nuradi kepada pengurus KONI Sumut di Kantor Gubsu baru-baru ini.

Untuk menghadapi Kejurnas/Pra PON serta Porwil 2015 Bangka Belitung, APBD Sumatera Utara 2015 hanya mengalokasikan Rp6 miliar buat KONI Sumut.

Sebagai perbandingan, KONI Sumsel tahun ini mendapat dana Rp50 M, KONI Babel Rp39 M, KONI Riau Rp35 M, KONI Aceh Rp28 M, dan KONI Jambi Rp17,5 M. KONI Bengkulu mendapat Rp5,5 M, namun anggaran mengikuti Porwil Babel ditampung melalui Dinas Pemuda dan Olahraga setempat.

“Secara pribadi, saya prihatin dengan kondisi ini. Ke depan memang banyak hal yang perlu kita benahi, termasuk mengenai dana pembinaan olahraga,” tutur mantan Bupati Sergai tersebut.

Didampingi Asisten I Hasiolan Silaen, Kadis Komifo H Jumsadi Damanik dan Sekretaris Dispora H Sakiruddin, Plt Gubsu pun mengajak KONI, Pengprov Olahraga dan atlet tetap semangat menembus PON 2016 melalui Porwil Babel dan Kejurnas Pra PON.

Erry juga meminta KONI Sumut memaparkan rincian anggaran yang sudah dialokasikan pada APBD 2015 serta tambahan anggaran yang dibutuhkan pada P-APBD 2015, yang sedang diproses.

Ketua Harian KONI Sumut, John Ismadi Lubis, mengatakan pihaknya sudah mengusulkan anggaran Rp21 M untuk kebutuhan Program Pembinaan Intensif (PPI), Porwil Babel 2015 dan Kejurnas Pra PON pada APBD 2015.

“Dana yang dialokasikan pada APBD 2015 ternyata Rp6 M, sisanya dijanjikan akan ditampung pada P-APBD. Tapi isu yang kami dengar, P-APBD hanya menampung sekitar satu atau 2 miliar saja,” jelas John Lubis.

Menurutnya, PON 2016 mempertandingkan 44 cabang olahraga dan Sumut mengikuti 37 cabor. Seleksi 10 cabor melalui Porwil Babel, sisanya lewat Kejurnas Pra PON, yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia.

“Untuk Kejurnas Pra PON, ada lebih 700 atlet Sumut yang ikut bertanding. Di Porwil Babel, jumlah kontingen Sumut yang berangkat mencapai 250 orang. Jadi memang anggaran yang kita butuhkan sangat besar,” ujar John lagi.

Erry pun berjanji akan menindaklanjuti kebutuhan itu dengan mengajak KONI Sumut sama-sama memperjuangkannya pada P-APBD 2015 di Panitia Anggaran. Plt Gubsu dan KONI Sumut juga sepakat pada angka Rp8 miliar.

“P-APBD peluangnya fifty-fifty, karena masalah anggaran Pemprovsu memang sangat krusial. Tidak saatnya lagi kita berpesta, kini saatnya ‘cuci piring’. KONI Sumut juga perlu melakukan efisiensi dan rasionalisasi,” pinta Plt Gubsu.

Dalam audiensi tersebut, Ketua Harian KONI Sumut didampingi Wakil Ketua II Prof Dr Agung Sunarno, Wakil Ketua III M Syahrir, Sekum Chairul Azmi Hutasuhut, Wakil Bendahara TP Sihombing serta unsur pengurus lainnya. 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow