Menpora RI Bersinergi dengan Menparekraf Kembangkan Sport Tourism di Indonesia

Menpora RI Bersinergi dengan Menparekraf Kembangkan Sport Tourism di Indonesia

Menpora RI Bersinergi dengan Menparekraf Kembangkan Sport Tourism di Indonesia
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno. Pertemuan yang berlangsung pada Selasa (5/1) pagi di ruang kerja lantai
BOLAHITA, JAKARTA - Menpora RI Bersinergi dengan Menparekraf Kembangkan Sport Tourism di Indonesia Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno. Pertemuan yang berlangsung pada Selasa (5/1) pagi di ruang kerja lantai 10, Kemenpora tersebut untuk membahas sinergi dalam mengembangkan sport tourism di Indonesia. (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno. Pertemuan yang berlangsung pada Selasa  (5/1) pagi di ruang kerja lantai 10, Kemenpora tersebut untuk membahas sinergi dalam mengembangkan sport tourism di Indonesia.

Menpora  RI mengatakan bahwa, Kemenpora terus mendorong berkembangnya sport tourism yang ada di Indonesia, hanya begitu pandemi semua kegiatan olahraga terhenti termasuk olahraga wisata. Namun Kemenpora RI akan terus mendukung perkembangan kegiatan olahraga saat recovery harus segera bangkit. "Kita dari Kemenpora terus mendorong berkembangnya sport tourisme. Hal ini kita buktikan saat Haornas 2020.  Haornas 2020, kita menekankan tiga tema besar yang diusung yaitu sport science, sport tourism, dan sport industry," ujarnya.

Oleh karena itu perlu adanya kerja sama yang dilakukan terkait dalam membangun dan meningkatkan potensi olahraga wisata yang ada di Indonesia. "Kita akan  bekerjasama, kita akan dorong bersama-sama pariwisata dan olahraga di  Indonesia agar  semakin maju. Selain itu, kita  juga  untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tanah air," jelasnya.

Menpora RI juga menjelaskan rencana agenda internasional yang akan digelar di Indonesia, salah satunya yang masih dalam agenda adalah MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Terkait Moto GP Mandalika, Menpora RI sudah membicarakan dengan Menparekraf untuk menindaklanjuti MoU yang sudah ditandatangani untuk mendukung sport tourism pada ajang tersebut.  

"Tentang Mandalika tadi sempat kita bicarakan, kita bahas, karena beliau (Menparekraf) sangat paham dan pengetahuan yang cukup tentang MotoGP, kita akan melihat progres di lapangan, kita merencanakan akan ke NTB lagi ke Mandalika. Pelaksanaan kegiatan ini tidak semata-mata di kita, tapi ada di DORNA International, karena mereka punya kewenangan, keputusan ada di DORNA, tetapi kita mempersiapkan dengan sebaik-baiknya," kata Menpora.

Sementara Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan akan mendukung even besar olahraga yang berbasis sport tourism. "Pertemuan kami tentunya dalam rangka mengembangkan potensi wisata olahraga (sport tourism) dan mendukung even-even olahraga berbasis sport tourism. Hal ini untuk dapat menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke destinasi wisata di Indonesia. Wisata olahraga sekarang ini salah satu yang bisa kita sampaikan sebagai titik terang, karena di tengah pandemi ini justru meningkat luar biasa,” kata Menparekraf RI.

Menparekraf RI menilai bahwa pariwisata olahraga bisa dikemas dengan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19. Bahkan dirinya sudah berbicara dengan cabang olahraga yang siap mendukung sport tourism dengan kondisi sekarang ini. seperti golf, renang, triathlon, selam dan beberapa olahraga lainnya.

“Sport Tourism sangat mendukung sekali untuk terus dikembangkan dengan kondisi sekarang ini. Semuanya bisa dikemas dengan sistem hybrid, yaitu setengah virtual, setengah fisikal, dan dimanapun kita berada dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan benar. Seperti lari marathon, sepeda, triathlon, renang, hiking yang bisa kembangkan dengan baik," tambahnya.