Petinju Medan Harus Punya Motivasi di Porwilsu

Petinju Medan Harus Punya Motivasi di Porwilsu

Petinju Medan Harus Punya Motivasi di Porwilsu
Ketua kontingen Medan saat memberikan motivasi kepada petinju Kota Medan
Petinju pelatda berjalan Kota Medan harus meraih prestasi terbaik pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumut 2014 yang dilangsungkan di Tebing Tinggi, pada tanggal 16-18 Mei mendatang.

Para petinju harus memiliki motivasi, bahwa ajang Porwil menjadi pembuka jalan untuk Porprov, selanjutnya masuk Pelatda Sumut menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Kontingen Porwil Medan, Julius Raja SE ketika meninjau pelatda cabang olahraga tinju, di Sasana Tinju Gajah Mada, Jalan Suprapto, Medan, Senin (21/4).
"Boleh jadi saat ini dukungan untuk pelatda belum terasa bagi para atlet. Tapi itu tak boleh melemahkan semangat dan mereka saat berjuang menghadapi Porwil Sumuta," katanya yang didampingi Kabid Binpres KONI Medan, Bambang Riyanto dan Kabid Humas Armansyah Tahir.

Ia menilai kesempatan masuk Pelatda menjadi motivasi lebih besar dibandingkan hanya memikirkan uang transport yang belum turun atau masalah bonus. "Kalau para atlet berprestasi di Porwil maka akan mendapat tiket pengikuti Porprov, dan kalau berjaya di Porprov otomatis mereka akan terpilih untuk masuk pelatda Sumut menghadapi PON. Jadi kami terus memberikan motivasi agar atlet tetap semangat berlatih dan memberikan yang terbaik di Porwil mendatang," tambahnya.

Sementara itu Ketua Harian Pengcab Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia) Sumatera Utara, Irianto Bakti mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 17 petinju untuk menghadapi Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara yang akan digelar Mei 2014. "Ke-17 petinju binaan itu terus kita gembleng demi meningkatkan performa mereka, diantaranya dengan latih tanding setiap Sabtu. Ini juga bermanfaat untuk menambah pengalaman mereka di atas ring," katanya.

Selain untuk menambah jam terbang, latih tanding itu juga untuk semakin mengasah skill dan mental atlet sehingga semakin siap ketika menghadapi pertandingan sesungguhnya. "Ini kita lakukan untuk mengasah kemampuan para atlet, karena target di Porwilsu nanti adalah menyabet sapu bersih medali," katanya.

Ia mengaku dalam waktu dekat ini Pertina Medan dan cabang olahraga lainnya akan melakukan pertemuan terkait pelaksanaan TC (Traning Camp) agar para atlet dapat lebif fokus menghadapi Porwilsu. "Kemungkinan TC baru digelar sepuluh hari menjelang Porwilsu nantinya. Ini penting karena Porwilsu merupakan langkah awal untuk selanjutnya yakni Porpropsu dan Pra PON," katanya.