Berikut Pembagian Grup Cabor Futsal PON Papua

Berikut Pembagian Grup Cabor Futsal PON Papua
Drawing cabang olahraga Futsal PON Papua (foto:istimewa)

PAPUA - Pembagian grup cabang olahraga futsal untuk PON Papua telah dilakukan Selasa (14/9/21) malam di Kabupaten Mimika.

Dari undian ini, sebanyak 10 Provinsi terbagi dalam dua grup yakni Grup A dan Grup B. Dengan Provinsi Papua sebagai tuan rumah dan Jawa Barat sebagai juara bertahan menempati unggulan grup masing-masing.

Dan boleh dikatakan, futsal Papua akhirnya bisa sedikit bernafas lega karena tergabung dalam grup yang relatif ringan berdasarkan hasil drawing yang dilakukan. 

Tim futsal Papua tergabung dalam Grup A bersama Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Barat. 

Sementara di Grup B berisikan tim-tim berat di antaranya Jawa Barat, Banten, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Jawa Timur.

Papua sebagai tuan rumah bersama Jawa Barat yang merupakan juara bertahan menjadi tim unggulan dan langsung menempati grup masing-masing.

Grup neraka tercipta di Grup B. Jawa Barat sebagai juara bertahan harus bersaing dengan peraih medali perak PON XIX Maluku Utara, dan peraih medali perunggu PON XIX Jawa Timur serta dua tim kuat lainnya yakni Sulawesi Selatan dan Banten.

“Kita berharap kepada panitia dapat melaksanakan dengan baik proses ini dan bisa berjalan dengan lancar, karena kita selaku panitia telah mendapatkan kepercayaan dari rekan-rekan seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena mengatakan, pihaknya berharap dengan hasil drawing tersebut pelaksanaan disiplin futsal pada PON XX bisa menjadi momentum kebangkitan futsal di Tanah Papua, bahkan di Indonesia.

“Harapan kami, setelah pembagian grup olahraga futsal PON XX akan menjadi momentum kebangkitan futsal di Tanah Papua dan di Indonesia untuk mencapai cita-cita prestasi futsal yang lebih baik lagi,” ujar Bebena.

“Saya atas nama Asprov menyampaikan terima kasih kepada federasi yang telah mempercayakan kami menggelar ini, dan hasil drawing ini bisa membawa persiapan dan kedatangan kontingen agar bisa lebih baik lagi dalam penyelenggaraan pertandingan futsal di PON Papua,” tambahnya.

Disiplin olahraga futsal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan diikuti oleh 10 kontingen. Nantinya, tim yang lolos ke babak semifinal akan mempertemukan juara Grup A kontra runner up Grup B, dan juara Grup B bertemu runner up Grup A.

Disiplin olahraga futsal akan dimainkan di Gedung Olahraga (GOR) futsal Kabupaten Mimika selaku salah satu klaster penyelenggaraan. Disiplin olahraga futsal akan memainkan pertandingan pertama pada 24 September dan akan berakhir hingga 3 Oktober mendatang.