Janji Kemenpora Sediakan Mario Aji Motor Latihan 600cc di Sirkuit Mandalika, Tak Pakai APBN

Dukungan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung prestasi sang pembalap dan memenuhi kebutuhannya untuk meningkatkan karier balapnya.

Jul 28, 2023 - 14:42
Jul 28, 2023 - 14:42
 0
Janji Kemenpora Sediakan Mario Aji Motor Latihan 600cc di Sirkuit Mandalika, Tak Pakai APBN
Menpora RI, Dito Ariotedjo, menerima pebalap andalan Indonesia Kelas Grand Prix Moto3, Mario Aji di lantai 10 Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta. Menpora Dito merasa bangga capaian Mario pada balapan Moto3 di Circuit of The Americas (COTA) pada 16 April 2023 lalu.(foto:yayan/kemenpora)

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, memberikan janji untuk menyediakan motor 600cc sebagai sarana latihan bagi pembalap Moto3 Indonesia, Mario Aji.

Dukungan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung prestasi sang pembalap dan memenuhi kebutuhannya untuk meningkatkan karier balapnya.

Permintaan pembelian motor latihan tersebut disampaikan oleh Mario saat bertemu dengan Menpora Dito di Kantor Kemenpora RI, Senayan, Jakarta, pada Jumat (28/7/2023) pagi.

Dito menyatakan bahwa pemerintah akan memastikan pengadaan motor latihan yang diinginkan Mario dapat terlaksana.

"Kami menyampaikan ada beberapa kebutuhan untuk mendorong progres dan kemajuan karier Mario di Moto3. Tadi disampaikan, dibutuhkan motor latihan untuk di Mandalika," kata Dito kepada awak media.

"Jadi, Insya Allah Kemenpora akan mengadakan, merangkul untuk memastikan Mario dapat motor latihan 600cc," tambahnya.

Selain itu, Dito juga menyatakan bahwa pemerintah akan membantu Mario dan para pembalap Indonesia lainnya dalam menghadapi masalah administrasi ketika berkompetisi di luar negeri.

Pemerintah pusat akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan kedutaan negara terkait untuk memastikan kebutuhan teknis para pembalap terpenuhi.

"Dari sisi Pemerintah, dalam perjalanan pembalap mengikuti seri banyak negara, kadang juga ada kesulitan dan masalah visa. Ini sudah saya sampaikan, di manapun kapanpun jika ada kesulitan, kami akan siap untuk berkoordinasi dengan Kemenlu dan kedutaan negara terkait," jelas Dito.

"Jika diperlukan jaminan dari Kemenpora, mewakili pemerintah, pasti akan kami berikan. Jadi hal-hal teknis & fundamental terkait Mario Aji menuju kontestasi dunia, Kemenpora pasti akan mendukung," tegasnya.

Dito juga mengungkapkan bahwa untuk sementara ini, pembelian motor latihan untuk Mario tidak akan menggunakan anggaran negara. Sejumlah pihak swasta telah bersedia memberikan pinjaman motor untuk Mario, sehingga tidak diperlukan dana dari anggaran negara.

"Jadi, sementara Alhamdulillah kami tidak perlu menggunakan anggaran negara. Jadi, di atas sudah ada beberapa kami koordinasi dan kontak dari pihak swasta. Dan Alhamdulillah ini kami akan mendapatkan pinjaman yang akan digunakan buat Mario pada November nanti," ucap Dito.

Mario Aji adalah pembalap Moto3 Indonesia yang bertanding bersama tim Honda Team Asia. Meskipun baru berusia 19 tahun, ia telah mencatatkan rekor gemilang pada musim keduanya di Moto3 tahun ini.

Pada balapan Moto3 AS 2023, Mario berhasil mencatat finis tertinggi sebagai pembalap Indonesia dengan menempati posisi ke-12 di Sirkuit CoTA, Austin.

Saat ini, Mario berada di peringkat 25 dari 33 pembalap yang berkompetisi di Moto3 2023. Ia telah mengumpulkan empat poin di paruh pertama musim ini. Dukungan dari pemerintah melalui pengadaan motor latihan diharapkan dapat membantu Mario Aji dalam mencapai prestasi lebih tinggi di dunia balap Moto3.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow