Kejuaraan Judo Piala Pangdam I/BB, Pelatda Sumut Mendominasi Gelar

Tim Pelatda Judo Sumatera Utara memastikan menjadi juara umum atau pengoleksi medali terbanyak di Kejuaraan Judo Piala Pangdam I/BB yang digelar di GOR Angsapura, Jalan AR Hakim, Sabtu (19/11/2022). Tim Pelatda mengoleksi 3 medali emas dan 1 perak di ajang tersebut.

Kejuaraan Judo Piala Pangdam I/BB, Pelatda Sumut Mendominasi Gelar
Kejuaraan Judo Piala Pangdam I/BB yang digelar di GOR Angsapura, Jalan AR Hakim, Sabtu (19/11/2022)

MEDAN - Tim Pelatda Judo Sumatera Utara memastikan menjadi juara umum atau pengoleksi medali terbanyak di Kejuaraan Judo Piala Pangdam I/BB yang digelar di GOR Angsapura, Jalan AR Hakim, Sabtu (19/11/2022). Tim Pelatda mengoleksi 3 medali emas dan 1 perak di ajang tersebut.

Tiga medali emas diraih Gusti Irawan Gowasa dari kelas -55 kg, Oki Wicaksana dari kelas -81 kg dan Willy Pratama dari kelas -90 kg. Sementara medali perak diraih Jihan Syahkila Lubis dari kelas -57 kg putri. 

Berada di urutan kedua, PPLP Sumut dengan dua medali emas lewat Redinda Syahira di kelas -48 kg putri dan Renaldi Agus Wira Parhusip di kelas -60 kg putra. Selain itu PPLP Sumut juga mendulang 2 perak dan 2 perunggu.

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

PPLP bersaing ktat dengan Riau dengan 1 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Sementara RBC, Tebing Tinggi, Dairi, Tenri Judo Club, Binjai dan Padangsidimpuan masing-masing meraih satu emas.

Kejuaraan ini ditutup Kasdam I/BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi. Dalam sambutannya mewakili Pangdam I/BB, Mayen TNI Achmad Daniel Chardin, ia mengatakan kejuaraan ini merupakan dukungan Kodam I/BB bekerja sama dengan PJSI Sumut untuk pembinaan olahraga judo di Sumatra Utara. 

"Kita berharap dari kejuaraan ini lahir atlet-atlet masa depan untuk Sumatra Utara. Ini bentuk dukungan Kodam I/BB yang peduli terhadap perkembangan olahraga judo dan kita harapkan para pejudo dapat berprestasi di tingkat nasional serta internasional," kata Rifky.

Kejuaraan judo Piala Pangdam I/BB ini sebelumnya diikuti 130 peserta dari berbagai daerah seperti Medan, Kabupaten Karo, Deli Serdang, Padangsidimpuan, Binjai, Tanjungbalai, Dairi , Tebing Tinggi, Riau, Club 'Tenry, Dan Ryu, Bhayangkara serta PPLP Sumut. Bahkan PJSI Riau yang terbanyak dengan mengirimkan 20 atlet di kejuaraan ini.

Sementara Ketua Pengprov PJSI Sumut, M Arief Fadhillah mengatakan bersyukur atas adanya even Kejuaraan Judo Pangdam I Bukit Barisan Cup ini. Apalagi kejuaraan ini juga untuk menguji kekuatan atlet menghadapi PON 2024 mendatang.

"Kita bersyukur empat atlet pelatda kita yang ikut kejuaraan ini bisa meraih gelar terbanyak sekaligus menguji jam terbang mereka. Tiga lainnya saat ini berjuang di pelatnas. Kita juga berterima kasih para judoka dari berbagai daerah ikut meramaikan, termasuk Riau yang rela datang jauh-jauh serta daerah-daerah luar Medan lainnya. Kami juga berterima kasih kepada Kodam I/BB sehingga even ini berjalan lancar dan sukses. Tujuan kita bersama adalah meraih prestasi di PON 2024," kata Arief.