Kemenpora Dukung F1 Powerboat Jadi Ajang untuk Kemajuan Olahraga Air di Indonesia

Kemenpora Dukung F1 Powerboat Jadi Ajang untuk Kemajuan Olahraga Air di Indonesia
Kemenpora RI mendukung penuh ajang F1 Powerboat 2023 akan menjadi pemicu untuk kemajuan olahraga air di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Sesdep Bidang Pembudayaan Olahraga Suyadi Pawiro pada acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/1) di Stone Cafe, Jakarta.(foto:raiky/kemenpora)

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mendukung penuh ajang F1 Powerboat 2023 akan menjadi pemicu untuk kemajuan olahraga air di Indonesia. 

Hal itu disampaikan oleh Sesdep Bidang Pembudayaan Olahraga Suyadi Pawiro pada acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/1) di Stone Cafe, Jakarta. 

Pada acara tersebut Suyadi menyampaikan bahwa, ajang F1 Powerboat yang akan diselenggarakan tanggal 24-26 Februari 2023 di Danau Toba tersebut adalah ajang balap air pertama yang diselenggarakan di Indonesia, dan Kemenpora sangat mendukung. 

"Kita Kemenpora sangat menyambut baik diselenggarakanya F1 Powerboat, meskipun ini pertama kali diselenggarakan di Indonesia," kata Suyadi.     

Menurut Suyadi, F1 Powerboat ini sebagai ajang untuk memajukan olahraga air di Indonesia. "Olahraga air di Indonesia sekarang ini mungkin hanya Dayung yang memiliki prestasi baik nasional dan internasional. oleh karenanya F1 Powerboat ini menjadi ajang untuk memajukan olahraga air di Indonesia," tambahnya.          

Sementara Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Septriana Tangkary mengatakan, sudah sepatutnya masyarakat Indonesia bangga, karena bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia powerboat.

"Indonesia sekarang menjadi tempat orang untuk datang, mestinya kita bangga. Kita tidak perlu lagi jalan-jalan ke luar negeri ke Turki, Jepang, Korea," kata Septriana.  

Lebih lanjut, Dia mengatakan bahwa F1 Powerboat merupakan kejuaran powerboat terkemuka yang sudah dilaksanakan di 39 negara sejak 1984. Sudah banyak negara yang pernah menjadi tuan rumah, diantaranya Italia, Prancis, UAE, Saudi Arabia, dan Cina.

"Mungkin kita tertinggal untuk mengikuti program ini. Ini sudah diselenggarakan di 39 negara, dan ini baru pertama di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, danau Toba memiliki potensi sport tourism yang bisa meningkatkan perekonomian lokal di Provinsi Sumatera Utara. 

Adapun  salah satu strategi Pemerintah untuk memperkenalkan Destinasi wisata Indonesia dan menaikkan citra positif Danau Toba di mata Dunia dengan cara menunjukkan bahwa Indonesia memiliki Danau Toba yang bisa menjadi venue olahraga bertaraf internasional.

Acara ini juga diikuti Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves Kosmas Harefa, Customer Experience Expert InJourney Ricky Wirjan, dan Social Youth Influencer Reza Pahlevi.

View this post on Instagram

A post shared by SUMUT JUARA (@sumut.juara)