Liga Futsal Nusantara Jawa Barat 2021 Digelar

Liga Futsal Nusantara AFP Jawa Barat ini digelar di 5 Kota/ Kabupaten

Liga Futsal Nusantara Jawa Barat 2021 Digelar
Gautama 2021 juga digelar melalui 2 fase, penyisihan group pada 3 – 11 November 2021 dan fase babak knock out pada 17 – 19 November 2021

BANDUNG - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Barat telah memutar Liga Futsal Nusantara Jawa Barat 2021. 

Liga yang juga dikenal dengan nama Liga Utama Jawa Barat atau Gautama ini dimulai Rabu lalu (3/11/2021).

Ajang Gautama 2021 ini digelar untuk mencari wakil Jawa Barat ke Liga Futsal Nusantara tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada Mei 2022.

Liga Futsal Nusantara AFP Jawa Barat ini digelar di 5 Kota/ Kabupaten, yaitu Kota Bandung, Kabupaten  Bandung Barat, Kabupaten  Sumedang, Kota Bekasi , dan Kota Tasikmalaya. 

Sebanyak 24 Klub Putra dan 14 Klub Putri memperebutkan 1 tiket ke Liga Futsal Nusantara tingkat Nasional babak 34 Besar. 

Gautama 2021 juga digelar melalui 2 fase, penyisihan group pada 3 – 11 November 2021 dan fase babak knock out pada 17 – 19 November 2021.

Pada pertandingan pembuka di Queen Futsal Center, Kota Bandung, berlaga klub Futsal Plus VS Futsal Kota Bandung.

Sekretaris Umum AFP Jawa Barat, Iwan Jati menjelaskan,  Gautama ini juga untuk meningkatkan kualitas kompetisi futsal yang bermuara pada pembibitan atlet yang bertalenta. 

“Program ini adalah bagian dari program kompetisi berjenjang AFP Jabar sebagai reformasi kompetisi tahun 2022 nanti dengan konsep dan skema baru (Zona Home Tournamen)," kata Iwan Jati.
 
"Dan tentunya dari hasil kompetisi ini kami mengharapakan bahwa selain pembinaan anggota adalah bagaimana caranya ada Klub Anggota Kami bisa bermain di Liga Pro dari hasil peminaan kompetisi kami” ucap Iwan Jati.

Manager team klub Futsal Kota Bandung Treza Aradea memberikan apresiasi atas dihelatnya kompetisi futsal tertinggi di Jawa Barat ini. 

“Tentu dengan AFP Jawa Barat menyelenggarakan Gautama ini saya apresiasi sekali karena ini suatu wadah untuk pembinaan bukan hanya pemain tapi pelatih serta perangkat pertandingan yg ada di Jawa Barat," Treza Aradea

"Kami sabagai peserta juga berharap agar pemain - pemain muda yang ada dapat berkompetisi dan menambah pengalaman serta jam terbang,” ujar Treza Aradea menambahkan.

Selain Gautama 2021, AFP Jawa Barat juga  mengagendakan kompetisi lain di tahun 2022. 
Terutama untuk pembinaan pemain kelompok umur seperti LIga Prima Pratama yang mempertemukan para juara dari masing-masing AFKot/AFKab, Liga Elite Pratama Kelompok Umur U-17 dan U-15, serta Piala Super Pelajar.