Menpora Amali Harap Pencak Silat Terus Bekerja Keras Agar Masuk Olimpiade

Menpora Amali Harap Pencak Silat Terus Bekerja Keras Agar Masuk Olimpiade
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amal mengatakan Pencak Silat saat ini masuk dalam cabor unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang di payungi oleh Perpres No. 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.(foto:putra/kemenpora)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amal mengatakan Pencak Silat saat ini masuk dalam cabor unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang di payungi oleh Perpres No. 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Hal itu disampaikan Menpora Amali saat membuka Kongres Pagar Nusa IV Tahun 2022 di Padepokan Pencak Silat Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (5/12) siang.

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

"Hanya ada 14 cabang yang sekarang ini masuk di dalam DBON yang kita proyeksikan untuk bisa berprestasi di tingkat Olimpiade.  Memang pencak silat belum dipertandingkan di Olimpiade, tetapi dengan upaya kita, kerjasama dengan PB IPSI sekarang ini kita sedang mengusahakan pencak silat  minimal masuk dalam ekspedisi di Olimpiade," katanya.

"Ini bisa terwujud, salah satunya dari  sumbangsih dan kontribusi dari atlet-atlet yang berasal dari Perguruan Pagar Nusa," tambahnya.

Karena itu, Menpora Amali berharap pada saat pemusatan latihan tim nasional yang akan mewakili Indonesia di berbagai ajang apakah itu single even maupun multi even olahraga  berasal dari atlet-atlet Pagar Nusa.

"PB IPSI sangat objektif, rasional menilai atlet-atletnya. Dan  saya titip kepada wakil ketua umum sekaligus disampaikan kepada Ketua Umum PB  IPSI Prabowo Subianto supaya  kita bekerja keras agar pencak silat menjadi cabang olahraga Olimpiade," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengatakan  bahwa tata kelola  Perguruan Pagar Nusa sekarang ini sudah serba digital. Ini bertanda bahwa Pagar Nusa sudah melakukan  transformasi.

"Pagar Nusa sudah mengikuti transformasi era digitalisasi. Karena itu, saya mengapresiasi dan terima kasih kepada Ketua Umum Pagar Nusa, Muchammad Nabil Haroen yang telah memulai kerja yang bagus dan ini harus kita teruskan,"  tutupnya.