Daftar Peserta Piala Asia 2023: 13 Negara Sudah Lolos, 11 Berebut Tiket

Daftar Peserta Piala Asia 2023: 13 Negara Sudah Lolos, 11 Berebut Tiket

Daftar Peserta Piala Asia 2023: 13 Negara Sudah Lolos, 11 Berebut Tiket

JAKARTA - Berikut daftar lengkap peserta Piala Asia 2023 sudah diketahui. Sebanyak 13 negara telah memastikan diri lolos, sementara 11 lagi akan berebut tiket via Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar 8-14 Juni 2022.


Sekadar informasi, AFC memberlakukan regulasi baru untuk babak kualifikasi. Seluruh negara anggota yakni 48 federasi harus melalui sejumlah tahapan. Karena digelar berdekatan, maka kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia digelar berbarengan.


Sebanyak 13 negara yang lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Mereka adalah Suriah, Australia, Iran, Arab Saudi, Qatar, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Korea Selatan.


Empat negara lainnya yakni Irak, Oman, Vietnam, dan Lebanon, lolos sebagai runner-up terbaik. China selaku tuan rumah yang sebenarnya, dipastikan lolos langsung. Mereka hanya menjalani kualifikasi untuk Piala Dunia 2022.


Namun, China sudah memastikan diri mundur sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 dengan alasan pandemi Covid-19. Meski demikian, tiket mereka di Piala Asia 2023 tidak hangus. AFC akan mencari tuan rumah pengganti dari 24 negara yang lolos nantinya.

 

M11Bet, Situs Betting Online Resmi Indonesia. Pasaran Terbaik, Layanan 24/7, Resmi


Sebanyak 11 tiket lainnya kini akan diperebutkan 24 negara lewat babak ketiga kualifikasi. Dua puluh empat negara itu dibagi dalam enam grup yang masing-masing berisi empat kesebelasan.


Enam juara grup dipastikan langsung lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Sementara itu, lima negara lainnya akan saling berebut status runner-up grup terbaik.


Mengingat situasi pandemi, maka kualifikasi digelar dengan sistem setengah kompetisi (round robin). Masing-masing grup digelar di lokasi terpusat sesuai tuan rumah yang ditunjuk dan setiap kesebelasan akan bermain sebanyak tiga kali.


Timnas Indonesia menjadi satu dari 24 negara yang memperebutkan 11 tiket tersisa. Skuad Garuda tergabung di Grup A bersama dengan tuan rumah Timnas Kuwait, Timnas Yordania, dan Timnas Nepal.


Berikut Daftar Peserta Piala Asia 2023:

Suriah, China, Australia, Iran, Irak, Arab Saudi, Qatar, Oman, Jepang, Uni Emirat Arab, Vietnam, Korea Selatan, Lebanon.