Dukungan Kuota 8 Pemain Asing di BRI Liga 1 Terus Bermunculan

Pro kontra tentang kuota 8 pemain asing di Liga 1 2024/25 masih berlanjut. Banyak yang beropini bahwa kebijakan ini akan menggerus potensi pemain lokal dan membuat mereka hanya menghuni bangku cadangan.

Jun 10, 2024 - 15:06
Jun 10, 2024 - 15:06
 0
Dukungan Kuota 8 Pemain Asing di BRI Liga 1 Terus Bermunculan

BOLAHITA - Pro kontra tentang kuota 8 pemain asing di Liga 1 2024/25 masih berlanjut. Banyak yang beropini bahwa kebijakan ini akan menggerus potensi pemain lokal dan membuat mereka hanya menghuni bangku cadangan.

Di kalangan pemain, kebijakan ini juga menimbulkan banyak pertanyaan. Hal ini terlihat dari ramainya para pemain Liga 1 yang mengunggah pesan di akun media sosial masing-masing dengan tagar #IniSepakbolaIndonesia?

Namun, tidak sedikit pemain yang malah mendukung kebijakan kuota 8 pemain asing pada musim depan. Zulkifli Syukur, misalnya.

Eks pemain timnas yang lama berkostum PSM Makassar ini justru berpendapat bahwa kebijakan tersebut menjadi tantangan bagi pemain lokal. Prinsipnya, pemain lokal harus berani bersaing dengan pemain asing.

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

"Adanya rumor mengenai penambahan jumlah pemain asing untuk musim depan, saya pikir ini adalah sebuah tantangan bagi seluruh pemain lokal untuk membuktikan kualitasnya. Selain itu, kualitas kompetisi kita juga akan terdongkrak. Tetapi, harus selektif juga dalam merekrut pemain asing. Karena ujung dari perencanaan ini akan berdampak besar bagi timnas kita," kata Zulkifli Syukur di akun media sosialnya.

Pendapat serupa diungkapkan oleh Diego Michiels, kapten Borneo FC. Secara terang-terangan, dia juga menilai bahwa kebijakan 8 pemain asing itu akan menguntungkan kualitas kompetisi.

“Mohon maaf kawan-kawan di Liga 1 semua, tapi saya setuju kalau ditambah kuota pemain asing. Demi kualitas liga naik, demi kualitas di latihan naik. Demi kualitas kita sendiri naik. Demi mental naik FC,” kata Diego di akun media sosialnya.

Sejalan dengan pendapat tersebut, pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, juga berpendapat bahwa penambahan kuota pemain asing akan berdampak positif pada kualitas kompetisi.

“Pada waktu yang bersamaan, penambahan dua pemain asing itu justru akan menambah kualitas Liga Indonesia,” tutur Bojan Hodak.

“Jadi pemain lokal harus mampu lebih bagus untuk menjadi sebelas pemain pertama, artinya mereka juga akan meningkatkan standarnya. Tentu ini juga akan bagus untuk tim nasional, jadi bagi saya liga ini akan lebih kuat yang mana ini bagus," imbuh Hodak seperti yang disampaikannya kepada media.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow