Dukungan Osvaldo Haay Untuk Tim Sepak Bola PON Papua

Dukungan Osvaldo Haay Untuk Tim Sepak Bola PON Papua

Dukungan Osvaldo Haay Untuk Tim Sepak Bola PON Papua
Osvaldo Haay (Foto : Dhias)

JAYAPURA - Tim sepak bola Papua dijadwalkan akan bertemu dengan Tim sepak bola Kalimantan Timur pada laga semi final PON XX 2021, Selasa (12/10/2021).

Menjelang laga tersebut, Osvaldo Haay yang saat ini bermain untuk Persija Jakarta, menaruh harapan besar bagi Tim Sepak Bola Papua.

Osvaldo yang juga pernah memperkuat Tim Sepak Bola Papua pada PON XIX 2016 di Jawa Barat, berharap misi untuk mendapat emas dari Cabang olahraga (Cabor) sepak bola bisa dituntaskan pada PON kali ini.

"Harapannya emas karena waktu PON 2016 sepak bola tidak dapat, jadi wajib emas," ujarnya di Jayapura, Senin (11/10/2021).

Kekuatan Tim Sepak Bola Papua pada PON XX, sambung Osvaldo, dilihatnya lebih baik dibanding saat dirinya bermasin pada PON Jawa Barat.

Hal ini diperkuat dengan kedalaman tim sepak bola dsri provinsi lainnya yang minim diisi oleh pemain yang telah bertanding di liga profesional.

"Perbedaan besar, saat PON 2016 komposisi pemain dari tiap provinsi lebih merata, banyak yang diisi pemain Liga 1, kalau sekarang Papua menonjol, punya kebersamaaan dan fighting spirit yang besar," tuturnya.

Namun ia mengingatkan, keunggulan teknis yang dimiliki Tim Sepak Bola Papua saat ini, akan hilang bila para pemain bermain dengan emosi.

Karenanya ia berharap, para pemain Papua lebih tenang dan tidak mudah terpancing emosinya.

"Kuncinya mereka tahu sendiri, kultur sepakbola Papua itu keras karena punya daya juang yang tinggi, jadi intinya jaga emosi dan fighting spirit saja," kata Osvaldo yang juga pernah memperkuat Persipura dan Persebaya.

Mengenai sosok bintang di Tim Sepak Bola Papua, ia memandang sosok Ricky Cawor menjadi pembeda di lapangan.

Namun ia juga memandang, kekompakan yang sudah terbangun selama dua tahun, menjadi kekuatan utama Tim Sepak Bola Papua.

"Semua pemain menonjol, tapi sebagai striker saya melihat Ricky Cawor, tapi yang lain berkontribusi, mulai dari kiper, bek sampai pemain cadangan memiliki kontribusi untuk tim," kata Osvaldo.

Pertandingan antara Papua melawan Kalimantan Timur akan berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, sedangkan laga semi final lainnya yang digelar di Stadion Barnabas Youwe akan mempertemukan Aceh dengan Jawa Timur.