Fachri Husaini Beberkan Kunci Kemenangan Aceh atas Sumut di PON Papua

Fachri Husaini Beberkan Kunci Kemenangan Aceh atas Sumut di PON Papua
Duel pemain Aceh kontra Sumatera Utara di Stadion Mandala, Kota Jayapura / PB PON XX Papua/Husni Yamin

JAYAPURA - Tim sepak bola Aceh akhirnya berpeluang besar untuk lolos ke babak semifinal cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, usai mengalahkan tim Sumatera Utara (Sumut) dengan skor 2-1 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat (8/10/21).

Kunci kemenangan yang diraih oleh Laskar Bumi Rencong itu diungkapkan oleh sang pelatih, Fachri Husaini karena timnya bermain ngotot untuk mencetak gol.

Tim Aceh memang diinstruksikan untuk bermain menyerang saat berhadapan dengan Sumut karena kemenangan menjadi harga mati untuk lolos ke babak semifinal.

"Kami harus mencari kemenangan karena dengan hasil itu akan menjadi jalan kita untuk lolos ke babak berikutnya. Artinya sekarang dengan menang kami dapat 3 poin. Kami merasa bahwa peluang kami untuk lolos ke babak berikutnya lebih besar, meskipun masih ada pertandingan Sumut kontra Papua,"kata Fachri Husaini usai laga.

Kemenangan tersebut juga kata mantan pemain timnas Indonesia ini berkat kekompakan pemain serta doa dan dukungan dari masyarakat Aceh.

"Kami tentu mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemain yang sudah bekerja keras dan juga dukungan doa dari seluruh masyarakat Aceh,"ungkapnya.

Sang pencetak dua gol bagi tim Aceh, Akhirul Wadhan, juga mengaku timnya memang diminta untuk bermain menyerang dan mencetak gol jika ingin menjaga peluang lolos ke babak semifinal. Berbeda saat timnya menghadapi tuan rumah Papua.

"Alhamdulilah, ini berkat doa orang tua, keluarga dan masyarakat Aceh, kami bisa dikasih kemenangan hari ini. Kami bermain kompak, dan inilah hasilnya, kita bisa menang. Lawan Papua waktu itu instruksinya kami bermain bertahan, makanya di laga tadi kami harus bisa mencetak gol dan tetap fight. Ini target kita, menang dengan dua gol," kata Akhirul.

Berbanding terbalik dengan tim Aceh, tim Sumut harus menghadapi tantangan berat di laga terakhir babak 6 besar Grup D melawan tuan rumah Papua.

Sumut harus menuntaskan misi mustahil itu dengan kemenangan lebih dari 2 gol jika ingin lolos ke babak semifinal.

"Tetap kita akan main fight lawan Papua, yang penting kita berusaha dulu, kita tidak mau berandai-andai lah," kata pelatih Sumut, Colly Misrun. (Humas PB PON)