Jihan Raih Medali Emas di Kejuaraan International Judo Championship 2022 Jakarta

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan dari atlet Judo Sumatera Utara. Kali ini dalam Kejuaraan International Judo Championship 2022 yang berlangsung di GOR Judo Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (2/12).

Jihan Raih Medali Emas di Kejuaraan International Judo Championship 2022 Jakarta
Jihan Syahkilla Lubis (kiri) bersama Inoue Al Aqsha Firdaus (kanan) berfoto bersama ketua umum PJSI Sumut usai pertandingan

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

BOLAHITA, KELAPA GADING - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan dari atlet Judo Sumatera Utara. Kali ini dalam Kejuaraan International Judo Championship 2022 yang berlangsung di GOR Judo Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (2/12).

Di hari pertama dan kedua event tersebut, Sumut sudah berhasil mengumpulkan 1 medali emas dan dua medali perunggu. 

Medali emas disumbangkan Jihan Syahkilla Lubis, setelah di partai final atlet Pelatda Judo Sumut yang turun dalam kategori Youth Wanita /-52kg berhasil mengalahkan Fairus Chandra Winata dari Surabaya, Jawa Timur. 

Foto : Genio Vincentius Sirait bersama para official dan pelatih

Sedangkan dua perunggu diraih Inoue Al Aqsha Firdaus di kategori Inoue Al Aqsha Firdaus (youth pria / -81 kg) dan Genio Vincentius Sirait (cadet pria -38 kg). Besok, Minggu (4/13/2022), atlet Sumut kembali akan bertanding di kelompok senior. 

"Pertama saya sangat bersyukur karena bisa memenuhi harapan para pelatih. Dimana ini juga menjadi gelar juara perdana saya, setelah di event kejuaraan sebelumnya hanya runner up," kata Jihan Syahkilla Lubis. 

Gelar juara ini pun semakin menambah motivasinya untuk kembali berlatih menuju program dan target selanjutnya. "Saya juga mau mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang selalu mendukung," ucap Jihan. 

Sementara itu manajer tim Judo Sumut, Yahya Nasution memang dari awal optimis dalam target yang mereka usung di Kejuaraan International Judo Championship 2022. Apalagi penampilan atletnya yang belum mendapatkan medali semuanya tidak kalah di pertandingan pertama. 

"Tentu kita sangat gembira juga dengan hasil ini. Hingga hari kedua kita disini sudah mendapatkan 1 emas dan 2 perunggu. Semoga target kita bisa dapat tiga medali emas bisa tercapai nantinya," harap Yahya Nasution. 

"Buat atlet-atlet kita yang belum berhasil mendapatkan hasil maksimal jangan berkecil hati. Karena saya sebenarnya melihat optimistis kepada mereka semua. Karena kalahnya tidak di babak awal, tapi menuju semifinal. Di babak itu mereka mendapatkan lawan yang berat dan itu positif untuk pengalaman bertanding," kata Yahya Nasution. 

Sedangkan pelatih Judo Sumut, Eka Siregar mengatakan memang sejauh ini sudah ada beberapa atlet Sumut yang mengalami progres positif selama mengikuti program PJSI Sumut. 

"Saya pikir untuk kedepan, lapis kedua yang kita persiapkan untuk masa depan sudah menunjukan perkembangan yang baik. Misalnya Jihan, dia punya progres bagus dan bisa meraih medali emas di kejuaraan internasional Judo ini," ujar Eka. 

Di sisi lain, Eka juga mengingatkan kepada atlet yang belum mendapatkan medali supaya jangan berkecil hati. "Justru mereka tetap mendapatkan pengalaman bertanding yang bagus di event Judo international ini. Kita akan tingkatkan dan fokuskan kembali mereka setelah dari Jakarta," pungkas Eka.