Timnas Indonesia U-19 Siap Bersaing di Toulon Cup 2022

Timnas Indonesia U-19 Siap Bersaing di Toulon Cup 2022

Timnas Indonesia U-19 Siap Bersaing di  Toulon Cup 2022

JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 siap untuk terbang bersaing di Toulon Cup, usai dalam TC terakhir, mereka kembali mengelar uji coba kontra Persita Tangerang di Stadion Madya, Senayan, Jakarta (25/05).


Uji coba ini merupakan laga terakhir sebelum skuat Garuda Nusantara berangkat ke Perancis untuk mengikuti turnamen tersebut.


Laga uji coba Timnas Indoneesia U-19 melawan Laskar La Viola berjalan sengit, jual beli serangan terjadi hingga akhir babak pertama Garuda Nusantara tertinggal 1-0. Radon dan Bima mengubah strategi di babak kedua, dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Resa Aditya setelah Hokky Caraka mampu membuat panik kiper Persita.


Penggawa Garuda Nusantara saat ini menyiapkan 22 pemain untuk Toulun Cup di Perancis, usai melaksanakan TC dengan 30 pemain dan mencoret 8 pemain. Radon mengaku sangat puas dengan perkembangan tim U-19 saat ini, baik secara taktikal, passing, kerja sama, dan kekompakan tim.


"Saya pikir kami memainkan permainan yang baik, kami mendominasi permainan, membuat banyak peluang, kita bertahan dengan baik, pressing tinggi, kita menjaga serta mengontrol lawan dengan sangat baik, passing ke ruang-ruang kosong. Ya, saya kira kemarin kami memainkan permainan yang kita inginkan dan baik. Saya sangat-sangat puas akan hal itu. Para pemain mengikuti instruksi yang diberikan pelatih, mereka cepat belajar," jelasnya.


Mengenai kondisi pemain, Radon menyampaikan bahwa para pemainnya ada dalam kondisi yang sangat bagus.


"Mereka dalam kondisi yang sangat bagus. Karena saat saya instruksinya mereka untuk press high mereka melakukannya. Saya kira mereka dalam kondisi yang sangat bagus, bahkan ada yanb bermain sepanjang laga. Walau saya memberikan kesempatan semua pemain untuk main. Kami bekerja dengan baik," tuturnya.


Radon merasa tim ini sedang menuju ke arah yang sesuai dia harapkan. "Kita akan menuju kesana (tim yang sesuai harapan saya), mereka tahu apa yang saya inginkan, saya tahu apa yang saya mau, saya tahu kita nanti akan berhadapan dengan siapa (di Toulon Cup) kita akan bermain melawan tim kuat disana, tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh yang tinggi, tim dengan permainan yang cepat, tim dengan teknik yang baik, saya yakin dan janjikan bahwa tim ini bisa bermain dengan performa yang bagus, dan kita akan bermain dengan baik di Toulon Cup," jelas Radon.


Untuk diketahui, dalam laga tersebut, pelatih Timnas Shin Tae-yong melihat langsung perkembangan Tim U-19 yang dipercayakan kepada asisten pelatihnya Dzenan Radoncic dan Bima Sakti.

 

Shin Tae-yong tidak bisa mendampingi penggawa Garuda nusantara karena ada agenda FIFA match day (1/6) kontra Bangladesh di Bandung dan kualifikasi Piala Asia dari tanggal 8 hingga 14 Juni 2022 mendatang di Kuwait.


Turnamen Toulon 2022 rencananya akan berlangsung pada tanggal 29 Mei hingga 12 Juni 2022 mendatang. Pada turnamen tersebut, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana, dan Venezuela. Turnamen ini untuk kategori level usia U-17 hingga U-23.


Selain untuk Toulon Cup, Tim U-19 Indonesia ini juga dipersiapkan PSSI jelang menghadapi laga-laga di Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.