Firman Utina, Legenda Timnas Indonesia yang Kini Fokus Asah Talenta Muda

Firman Utina, Legenda Timnas Indonesia yang Kini Fokus Asah Talenta Muda

Firman Utina, Legenda Timnas Indonesia yang Kini Fokus Asah Talenta Muda
Firman Utina di pro elite academy

JAKARTA - Gelaran Mola Elite Pro Academy U-16 menjadi ajang aksi bagi para pemain klub Borneo FC U-16. Hal itu juga tak lepas dari sosok Firman Utina. Dirinya adalah bagian dari tim kepelatihan Borneo FC U-16.

Firman berhasil mencuri perhatian, bersama tim Pesut Etam Yunior, dia sukses memoles timnya menjadi peserta yang patut untuk diperhitungkan, dalam dua laga yang sudah berlangsung dari hari Senin 18 Oktober dan 19 Oktober itu, timnya meraih dua kemenangan beruntun.

Borneo FC U-16 dua kali mengalahkan Arema FC U-16 1-0 di hari pertama dan 3-0 pada hari kedua gelaran Mola Elite Pro Academy U-16.

Pelatih berusia 39 tahun itu kini fokus untuk menjalani dan mengembangkan pemain, khususnya di akar rumput (grassroot). Dia mengemukakan, hal itu penting dilakukan untuk mendapatkan pemain yang bagus agar tim nasional Indonesia dapat berbicara banyak di kancah Internasional.

“Kalau kita ingin timnas sukses, harus dimulai dari akar rumput yang baik, yaitu adalah bagaimana pembinaan usia muda yang sangat baik. Alhamdulillah dengan adanya EPA ini menjadi motivasi para pemain muda, bukan hanya karena dia ingin bermain sepak bola, tetapi ada unsur pembinaan dan science disana,” buka Firman. 

“Seperti yang kita ketahui, saat ini sepak bola bukan hanya mengandalkan kerja keras, pemain juga harus bisa kerja cerdas, maka dari itu, adanya EPA mereka bisa tahu kurikulum yang dibuat oleh PSSI itu adalah yang harus dipelajari untuk kedepannya sepak bola kita semakin lebih baik lagi,” sambungnya.

Firman mengungkapkan cara dirinya membangun tim. “Semua sudah disiapkan untuk membangun tim ini, saya juga berterima kasih kepada manajemen Borneo yang sudah antusias dan peduli dengan pembinaan, dan mereka tahu bahwa generasi-generasi dari provinsi Kalimantan terutama dan pemain-pemain mudah yang bergabung di Borneo sekarang adalah cikal bakal untuk menuju tim utama Borneo,” tuturnya.

Terakhir, mengenai target dan perjalanan tim Borneo U-16, Firman mengatakan, “Berjalan begitu saja, kami juga membiarkan para pemain untuk belajar sepak bola yang baik. Target kami disetiap pertandingan, kami bisa memenangkan pertandingan itu, sehingga kami bisa tahu di akhir kami bisa menjadi juara,” tutupnya.

Berikutnya, di hari Kamis tanggal 21 Oktober 2021 Borneo FC U-16 akan berhadapan dengan tim Persiraja Banda Aceh U-16 di Lapangan Lodaya. Tentu kemenangan juga menjadi target utama dari Firman Utina.