Indonesia Kena Hukuman, Soal Bendera Merah Putih di Piala AFF, PSSI Siap Ikuti Aturan

Indonesia terkena hukuman dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA)

Indonesia Kena Hukuman, Soal Bendera Merah Putih di Piala AFF, PSSI Siap Ikuti Aturan
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku PSSI akan mengikuti aturan, terkait dengan pengibaran bendera Merah Putih pada ajang Piala AFF 2020 nanti

JAKARTA - Tentu kita masih ingat dengan kejadian tidak berkibarnya bendera saat penyerahan Piala Thomas beberapa waktu lalu.

Dimana ternyata, Indonesia terkena hukuman dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA), yang memvonis Indonesia sebagai negara tidak patuh doping

Tanpa Merah Putih juga sepertinya masih akan terjadi di kejuaraan Pila AFF 2020 di Singapura, 5 Desember - 1 Januari 2021 mendatang. Lalu apa respon PSSI soal ini?

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku PSSI akan mengikuti aturan, terkait dengan pengibaran bendera Merah Putih pada ajang Piala AFF 2020 nanti. 

Meski sebenarnya, pria yang kerap disapa Iwan Bule ini menjelaskan PSSI sudah mengirimkan surat kepada Kemenpora, Lembaga AntiDoping Indonesia (LADI) dan AFF.

Ya, untuk mengupayakan agar bendera Merah Putih bisa dibentangkan saat Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum laga dimulai.

Saat ini, Indonesia sendiri sedang menjalani sanksi oleh Badan Antidoping Dunia (WADA) pada 7 Oktober. 
Akibat dari sanksi tersebut, Indonesia tidak bisa mengibarkan bendera negara di setiap kejuaraan yang diikuti kecuali Olimpiade selama hukuman masih berlaku.

Hal itu karena Indonesia dianggap tidak memenuhi persyaratan soal pengujian doping. 

Indonesia pun tidak bisa mengibarkan Merah Putih jika juara Piala AFF 2020 di Singapura.

"AFF ya pasti tetap berjalan. Ya kan itu ranahnya bukan di kita. kemarin itu acara badminton itu. Tapi kita sudah bersurat juga ya ke Kemenpora dan Ladi untuk masalah ini," kata Iriawan kepada awak media.

"Kita tunggu saja, yang jelas apapun keputusan yang diambil kita ikut karena aturan dengan demikian. Mudah-mudahan bisa juara, kalau tanpa bendera Indonesia, mudah-mudahan nanti juga ada perubahan tapi kita ikuti aturan itu. Kita gak bisa dipaksakan juga," tambahnya.

Pada ajang Piala AFF 2020 nanti, Timnas Indonesia akan tergabung dalam Grup B dan akan berhadapan dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos. 

PSSI menargetkan Timnas Indonesia bisa meraih gelar juara.