Marselino Ferdinan Raih Gelar Individu Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022

Kontribusinya sudah terlihat sejak memberi assist ke Witan Sulaeman dalam kemenangan 2-1 kontra Kamboja di fase grup A.

Marselino Ferdinan Raih Gelar Individu Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022

SENNCOIN Selling High Quality Roasted Beans and Ground Coffee

BERIKUT adalah daftar penghargaan individu untuk ajang Piala AFF 2022. Meski gugur di semifinal, Timnas Indonesia tetap bisa berbangga karena salah satu pemainnya yakni Marselino Ferdinan terpilih sebagai pemain muda terbaik di turnamen kali ini.

Seperti diketahui, Marselino Ferdinan selalu menjadi kepercayaan Shin Tae-yong mengisi lini tengah skuad Garuda selama Piala AFF 2022. 

Kontribusinya sudah terlihat sejak memberi assist ke Witan Sulaeman dalam kemenangan 2-1 kontra Kamboja di fase grup A.

Pemain 18 tahun itu hanya sekali absen saat Indonesia menang besar 7-0 kontra Brunei Darussalam. Marselino bahkan tetap mendapat menit bermain saat skuad Garuda bermain imbang 0-0 kontra Thailand.

Kemudian ketika dipercaya lagi menjadi starter, Marselino mencetak gol spektakuler melawan Filipina di laga terakhir fase grup. Laga itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

Pemain Persebaya Surabaya itu juga jadi andalan di dua leg babak semifinal melawan Vietnam. Sayang, skuad Garuda gagal melaju ke partai final karena kalah agregrat 0-2.

Selain Marselini Ferdinan yang dinobatkan sebagai pemain muad terbaik, penghargaan individu lainnya didapat gelandang sekaligus kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan. 

Penghargaan yang pantas bagi Theerathon karena telah membawa Thailand meraih trofi juara. Gol tunggalnya di final leg kedua malam tadi membuat The Elephant War menang 3-2 secara agregat dari Vietnam.

Kemudian untuk gelar top skorer dimiliki dua pemain yakni striker Thailand, Teerasil Dangda dan penyerang Vietnam, Nguyen Tien Linh. Keduanya sama-sama mengemas 6 gol di Piala AFF 2022 kali ini.

Adapun tim ter-fair play adalah Timnas Malaysia. Mereka berhasil lolos ke semifinal, tapi hanya mendapat satu kartu merah yang diterima Azam Azmi di fase grup.

Daftar Penghargaan Individu Piala AFF 2022:

  • Pemain Terbaik: Theerathon Bunmathan (Thailand)
  • Pencetak gol terbanyak: Teerasil Dangda (Thailand) & Nguyen Tien Linh (Vietnam) (6 gol)
  • Pemain Muda Terbaik: Marselino Ferdinan (Indonesia)
  • Tim Paling Fair Play: Timnas Malaysia