Porprov Sumut 2022 Bakal Pertandingkan 17 Cabor, Persiapan Pon Sumut 2024

Cabor yang akan menggelar kejurda di antaranya, gateball, panahan, bola basket, balap sepeda, renang, angkat besi, kick boxing dan menembak.

Porprov Sumut 2022 Bakal Pertandingkan 17 Cabor, Persiapan Pon Sumut 2024
Rapat koordinasi yang diselenggarakan KONI Sumut bersama KONI kabupaten/kota dan Pengprov cabang olahraga se-Sumut yang digelar di Hotel Polonia Medan, 15-16 Desember 2021

MEDAN - Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera (Porprov Sumut) yang direncanakan akan digelar pada November 2022 mendatang, akan mempertandingkan 17 cabang olahraga (cabor).

Keputusan tersebut merupakan rekomendasi dari hasil rapat koordinasi yang diselenggarakan KONI Sumut bersama KONI kabupaten/kota dan Pengprov cabang olahraga se-Sumut yang digelar di Hotel Polonia Medan, 15-16 Desember 2021.

Adapun cabor tersebut adalah atletik, billiar, bulu tangkis, bola voli, drum band, muaythai, sepakbola, karate, pencak silat, dan tinju.

Sisanya, tarung derajat, taekwondo, wushu, petanque, dan bina raga.

"Total 17 cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut harus memiliki minimal 17 pengcab aktif di KONI kabupaten dan kota. Porprov Sumut rencananya akan digelar November 2022" kata Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis, Kamis (16/12/2021).

Untuk cabor yang tidak dipertandingkan di Porprov Sumut, sebagai ajang menjaring atlet untuk persiapan PON Aceh-Sumut 2024, direkomendasikan menggelar kejuaraan daerah dan seleksi daerah.

Berdasarkan rekomendasi itu, cabor yang akan menggelar kejurda di antaranya, gateball, panahan, bola basket, balap sepeda, renang, angkat besi, kick boxing, dan menembak.

Sedangkan cabor yang akan diselekdakan adalah esports, golf, bowling, arung jeram, selam, panjat tebing, jujitsu, hoki, dayung, tenis lapangan dan bridge.

Selain itu, berkuda, kempo, judo, aerosport, sofball, baseball, senam, anggar, dance sport, PSWAI, barongsai, bowling, dan squash.

Sementara cabor catur, sepak takraw, gulat dan sepatu roda belum ditetapkan untuk masuk kejurda atau selekda.