Sudah Tiga Edisi Tim Futsal Sumut Terhenti di Fase Grup Gelaran PON

Sudah Tiga Edisi Tim Futsal Sumut Terhenti di Fase Grup Gelaran PON

Sudah Tiga  Edisi Tim Futsal Sumut Terhenti di Fase Grup Gelaran PON

MEDAN - Tim futsal Sumatera Utara gagal melanjutkan ambisinya ke semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. 

Itu setelah peluangnya tertutup akibat menelan kekalahan dari Nusa Tenggara Barat 0-4 pada lanjutan penyisihan grup B, Rabu (29/9/2021) di Lapangan GOR Futsal SP2.

Hasil ini sekaligus membuat perjalanan tim Futsal Sumut dalam tiga edisi PON berturut-turut terhenti di fase grup. 

Mulai tahun 2012 Pon Riau, juga hanya mampu di fase penyisihan grup. Saat itu beberapa pemain diantaranya Berhoff, Dimas (pg), Fery santoso (c), Amri, T.D.Febriansyah, Citra kesuma, Irvan, Iqbal, Ibrahim, Syahidansah Lubis, Hasnal Hanif, Hendri, Umansya dan Susilo (gk). Ditangani pelatih Alpinus (alm) dan Sucipto (asisten coach). 

Bolahita.id/uploads/images/2021/09/image_750x_6153e2190beed.jpg" alt="" />

Kemudian di edisi PON 2016 Jawa Barat yang juga ditangani coach Alpinus dan dibantu Andi Kurniawan (asisten coach), Sumut kembali hanya mampu bertanding di fase penyisihan grup saja. 

Saat itu beberapa pemainnya adalah Fauzul Hidayat, Iqbal, Sauqy Saud Lubis (yang juga bermain di PON 2021). Sumut finish di peringkat kelima. Sumut hanya meraih satu kemenangan dan menelan empat kekalahan.

Jalannya Pertandingan NTB Versus Sumut

Hattrick Romi Humandri dan satu gol dari Satria Malini perkasa memupus harapan Sumatra Utara.

Pada laga itu Sumut menurunkan starting five terbaiknya dengan Satria Yudistira di bawah mistar bersama Mahyaruddin Rangkuti, Rifaldi, Syauqi Saud dan Rifai Saragih. Sementara kapten tim Aulia Rahmad Siregar mengawalinya dari bench.

Laga baru berjalan empat menit NTB unggul lewat Romi Humandri memanfaatkan umpan tarik dari kanan. Sementara Sumut yang dimotori pemain Bintang Timur Surabaya, Sauqi tak bisa leluasa menembus pertahanan lawan. Skor 1-0 hingga jeda.

Babak kedua dibuka peluang Mahyar Rangkuti yang melambung di atas mistar. NTB juga berpeluang tapi tendangannya masih bisa dihalau kiper PON. Begitu juga dua peluang NTB lainnya. Gawang Sumut terus digempur.

NTB akhirnya kembali unggul lewat Satria Malini Prakasa setelah memanfaatkan umpan dari bola tendangan bebas. Sumut semakin kesulitan setleah kehilangan Rifaldi di babak kedua setelah menerima kartu kuning kedua.

Sumut kesulitan melepaskan tembakan ke gawang NTB. Kiper Satria juga ikut maju ke depan. Tapi hasilnya, Romi Humandri mencetak gol ketiga NTB setelah melepaskan tendangan jarak jauh ke gawang yang ditinggal Satria.

Pemain nomor punggung 9 itu juga melengkapi hattricknya semenit kemudian. Skor 4-0 memupus asa Sumut.

Sumut hanya mengoleksi tiga poin selama penyisihan. Mereka mengawaliny dengan kekalahan 1-2 dari Papua. Sumut sempat bangkit dengan mengandaskan Kalimantan Barat 4-2. Namun kemudian mereka kembali tumbang dari Kepri pada laga ketiga dengan skor 4-6.

Hasil ini membuat Papua dan NTB melaju ke semi final dari grup A. Papua meraih sembilan poin sementara NTB menyusul dengan enam poin. Sumut finish di posisi keempat. Sementara Kepri peringkat ketiga.