Update Naturalisasi: Berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh Sudah Selesai di Kemenkumham

Update Naturalisasi: Berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh Sudah Selesai di Kemenkumham

Update Naturalisasi: Berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh Sudah Selesai di Kemenkumham

JAKARTA – Tenaga ahli Kemenpora RI, Gatot S Dewa Broto, membeberkan perkembanga nmengenai proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.


Menjawab pertanyaan warganet di Instagram, Gatot pun menjelaskan alur yang harus dilalui ketiganya untuk proses naturalisasi.

Sebelumnya, Jordi, Sandy, dan Shayne, adalah tiga calon pemain naturalisasi yang diminta pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Dua nama pertama bahkan sudah menjalani serangkaian proses naturalisasi saat berkunjung ke Indonesia dua pekan silam.


Gatot lewat akun @gatot_s_dewa_broto, lalu menjelaskan seperti apa proses naturalisasi. Untuk Sandy dan Jordi, berkasnya sudah sampai di Kemenkumham. Sementara untuk Shayne, baru akan mulai menjalani proses.


“Untuk Sandy dan Jordi, sesuai info dari Pak Hasani (Abdulgani, Exco PSSI), sore ini (24 Mei 2022), sudah selesai di Kemenkumham, bahkan sudah di-interview BIN,” tulis Gatot, dikutip pada Jumat (27/5/2022).


“Sedangkan Shayne, baru Senin (30 Mei) akan datang usai off sementara dari kompetisi,” lanjut mantan Sesmenpora RI tersebut.


“Tahap berikutnya dari Kemenkumham ke Setneg (Sekretariat Negara), lalu dari Setneg ke DPR untuk raker (rapat kerja) dan balik lagi ke Setneg,” urai Gatot.


Untuk selanjutnya turun Kepres (Keputusan Presiden) dan baru ke Kemenkumham lagi mas,” tandas lelaki yang kini sudah pensiun sebagai ASN itu. Jordi, Sandy, dan Shayne, diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022. Ajang tersebut akan dilangsungkan 8-14 Juni 2022 di Kuwait.