Kejurprov PBSI Sumut 2021 Resmi Digelar, 505 Atlet Bersaing

Perkembangan pesat atlet terdaftar di Sistem Informasi 

Kejurprov PBSI Sumut 2021 Resmi Digelar, 505 Atlet Bersaing
Kejuaraan ini akan digelar hingga 30 Desember 2021 diikuti 505 atlet dari seluruh kabupaten/kota di Sumut

MEDAN - Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumatra Utara 2021 digelar di GOR PBSI Sumut, Medan, Minggu (26/12/2021). 

Kejuaraan ini akan digelar hingga 30 Desember 2021 diikuti 505 atlet dari seluruh kabupaten/kota di Sumut. 

Ketua Umum (Ketum) PBSI Sumut, Suripno Ngadimin membuka langsung kejuaraan bersama jajaran pengurusnya. Apalagi sudah lama atlet menantikan even setelah hampir dua tahun vakum. 

"Kejuaraan ini sempat vakum hampir dua tahun karena pandemi, di mana terakhir digelar tahun 2019 lalu. Dan kita bersyukur di penghujung akhir tahun ini dapat kita gelar kembali," ujar Suripno.

Suripno menyebutkan, ada peningkatkan signifikan jumlah atlet bulutangkis Sumut yang terdaftar di Sistem Informasi (SI) PBSI. Dari sebelumnya hanya 208 atlet kini sudah hampir mencapai 1.400 atlet.

"Dan sejak awal periode saya 2018 lalu sampai akhir tahun 2021 dan penghujung periode saya ini, total sudah mencapai 1.369. Meningkat hampir 700 persen," tegasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas PP (Pengurus Pusat) PBSI ini, juga menyampaikan beberapa prestasi yang diraih atlet bulutangkis Sumut di berbagai kejuaraan nasional.

"Mulai dari open (kejuaraan) di Kepri, Inhil, Kendari, Gorontalo dan terbaru di Jambi. Rata-rata kita meraih emas, dari berbagai kategori seperti pra usia dini, usia dini, anak-anak, pemula dan remaja," beber eks Ketum Pengkab PBSI Asahan ini.

Sementara Waketum 1 KONI Sumut, Prof Agung Sunarno mewakili Ketum John Ismadi Lubis mengapresiasi animo peserta Kejurprov PBSI Sumut tahun ini yang sangat tinggi. Ia juga meminta PBSI Sumut mempersiapkan atletnya untuk PON 2024.

"Kami dari KONI Sumut sangat mengapresiasi, karena ini merupakan calon-calon atlet masa depan Sumatera Utara," sebutnya.

"Selain itu Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh. Tidak lain tidak bukan, bulutangkis adalah salah satu cabor yang dipertandingkan dan kita ingin PBSI Sumut menjadi tuan rumah berprestasi," harapnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Supardi, dalam laporannya menyebutkan kejuaraan ini diikuti lebih dari 505 atlet dari 19 Pengkab-Pengkot PBSI se-Sumut.

"Pendaftaran kejuaraan ini secara online dengan SI PBSI. Ada 21 nomor yang pertandingan, mulai dari pra usia dini sampai dewasa," pungkas Supardi.

Para pemenang akan mendapat medali, uang pembinaan, sertifikat dan piala bergilir untuk juara umum.